SMANJA GELAR 3S (SABAR, SEBAR, SUBAR)


PEJAGOAN - Jumat tanggal 16 September 2022, SMA Negeri 1 Pejagoan menggelar Kegiatan “Sabar”, “Sebar” dan “Subar” (Sarapan Bareng, Senam Bareng, dan minum Susu kedelai Bareng) dengan tema Berdayakan Kebunku, Sehat Sekolahku. Pada kesempatan yang sama, juga digelar kegiatan orasi bagi calon ketua OSIS periode tahun 2022-2023. Kepala sekolah, Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain untuk mengisi kegiatan pasca PTS (Penilaian Tengah Semester) dan PFS (Penilaian Formatif Semester), kegiatan Sabar, Sebar dan Subar juga sebagai sarana untuk sejenak melepas penat, serta sebagai media pembelajaran yang mendatangkan kebahagiaan bagi peserta didik.

Rangkaian kegiatan pada hari tersebut diawali dengan orasi calon ketua OSIS pukul 07.00 s.d. 07.30 WIB kemudian dilanjutkan acara sarapan pagi bersama dengan menu nabati (nasi, sayur dan lauk tahu atau tempe) yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, dan berakhir hingga pukul 08.00 WIB.

Sarapan pagi bersama ini menjadi momen indah yang terasa istimewa karena dilakukan serentak di lapangan Smanja. Selain itu, adanya ketentuan untuk membungkus atau menggelar nasi di atas daun pisang memberi nuansa tersendiri bagi semua warga sekolah. Usai sarapan, untuk menjaga kesehatan, peserta didik diberi tablet penambah darah yang kemudian diminum secara bersama-sama.

Dari sisi pembelajaran, kegiatan Sarapan Bersama mengandung maksud untuk melestarikan nilai kearifan lokal yang ada (kesederhanaan, kebersamaan, dan keberlangsungan). Keberlangsungan dalam hal ini diambil dari filosofi pohon pisang yang bisa tumbuh di mana pun walau di tempat gersang sekalipun. Hal ini mengajarkan pada anak didik untuk selalu “survive” dan tidak menyerah dalam segala keadaan. Kegiatan ini, juga menjadi sarana “habituasi” (pembiasaan) bagi anak untuk disiplin sarapan sebelum belajar.

Setelah kegiatan di lapangan Smanja selesai, kebersamaan seluruh warga Smanja berlanjut dengan jalan sehat menuju lapangan Desa Kebulusan untuk melaksanakan senam bersama. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menjalin kolaborasi yang baik dengan pemerintah desa setempat sehingga juga diikuti oleh perangkat desa dan ibu-ibu PKK serta anak-anak TK Desa Kebulusan beserta orang tua/walinya. Euforia di lapangan Desa Kebulusan, diakhiri dengan kegiatan memungut sampah di lapangan juga sepanjang jalan kembali ke sekolah. Hal ini dilakukan untuk menggugah kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar. Setibanya di sekolah, seluruh warga sekolah mendapatkan susu kedelai untuk diminum bersama di kelas masing-masing/di kantor sembari beristirahat.

Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut tidak hanya menjadi media untuk menjalin kedekatan antarpeserta didik saja, namun juga antarpeserta didik dengan guru/karyawan serta dengan masyarakat sekitar. Sekolah juga akan memberikan apresiasi kepada kelas terbaik dengan koordinasi wali kelas yang memenuhi kriteria kebersamaan, keseragaman, kekompakan serta ketertiban. Mengingat banyaknya manfaat, pada masa yang akan datang, sekolah berharap dapat melaksanakan kegiatan serupa secara rutin. (Tim Jurnalis Smanja).

Copyright © 2020 - 2022 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN