SMANJAku Hebat, SMANJAku Sehat


Palang Merah Remaja (PMR) Abdi Wiratama Unit SMA Negeri 1 Pejagoan pada hari Rabu 14 September 2022, menyelenggarakan Pobindu dengan dengan kegiatan Posyandu Remaja oleh Puskesmas Kecamatan Pejagoan denagn mengambil tema “Remaja Sehat Generasi Kuat”. Adapun waktu pelaksanaan dilakukan pukul 10.00 – 13.00 WIB setelah selesai mengikuti kegiatan penilaian formatif. Kegiatan posyandu diikuti oleh seluruh Asbin ( Asisten Pembina) angkatan ke-13 sejumlah 30 siswa dan siswa kelas XI IPS.2 sejumlah 29 siswa.

Rangkaian kegiatan Posyandu Remaja ini dibuka oleh Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd,. M. Eng selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pejagoan. Dalam sambutan pembukaan Posyandu Remaja pesan yang disampaikan pengetahuan Posyandu Remaja  yang meliputi pendeteksi dini penyakit tidak menular (PTM seperti, stroke, diabetes, kanker, jantung dan lain.lain melalui lontaran pertanyaan kepada peserta posyandu.  Beliau juga berpesan agar siswa SMA negeri 1 Pejagoan dapat menjaga kesehatan dengan melalui pengaturan pola makan dan jajanan.  Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Posyandu Puskesmas Pejagoan Ibu Arini Setyowati, S. kep. Ners. Dalam sambutan yang disampaikan mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan penyambutan sekolah  terselenggaranya kegiatan Posyandu Remaja di SMA Negeri 1 Pejagoan. Beliau juga menyampaikan agar peserta Posyandu Remaja kelas XI IPS dengan didampingi wali kelas Ibu Betri Ngastiana, S.Pd tidak takut dan mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan dengan baik. 

Kegiatan Posyandu Remaja ini isi dengan serangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi  pemeriksaan resiko penyakit tidak menular (PTM),  indera, Napza, Kesehatan jiwa, dan kesehatan gigi.

Pemeriksaan kesehatan dimulai dari pengisian daftar hadir  kemudian tahap pertama pemeriksaan tekanan darah secara bergilir  oleh  Alvi Nur Azizah,  S.KM petugas puskesmas. Pada pemeriksaan tensi darah pada peserta kelas XI IPS.2 umumnya normal.  Tekanan darah normal di angka 120/80 mmHg. Pemeriksaan tekanan darah ini bertujuan agar siswa dapat memantau tekanan darah secara berkala untuk mengantisipasi resiko penyakit lebih dini, terutama bagi siswa yang sering merasakan pusing, lemas, dan nafsu makan kurang.

Setelah pemeriksaan tekanan darah selesai melanjutkan  tahap kedua  screning PTM oleh  Ibu drg. Nurul Udi Astuti (dokter) dengan melalui pengisian lembar observasi kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas Pejagoan. Setelah tahap kedua selesai melanjutkan pemeriksaan ketiga yaitu pemeriksaan kesehatan gigi oleh Ibu Yayuk Cahyati (dokter gigi) pada tahap ini seluruh peserta secara bergantian mengikuti pemeriksaan kesehatan gigi secara inten dengan alat senter untuk melihat apakah perawatan gigi siswa sudah baik, mengecek apakah siswa memiliki gigi yang berlubang atau sakit dan lain-lain. Kemudian setelah pemeriksaan kesehatan gigi melanjutkan tahap keempat pemeriksaan indera peserta posyandu oleh Ibu Husyafah Amd.Kep (perawat) dengan cara setiap peserta melihat huruf dan angka yang ditempelkan di dinding lalu siswa disuruh melihat ukuran huruf dan angka yang ditunjukan, kegiatan tersebut baik untuk siswa supaya mengetahui lebih dini resiko penyakit mata seperti, rabun, ganguan retina yang  sekarang banyak dialami siswa. Selain pemeriksaan indera juga siswa peserta posyandu remaja mengikuti pemeriksaan fisik seperti; pemeriksaan tinggi badan dan berat badan oleh Asbin PMR Abdi Wiratama.  

Pemeriksaan tahap kelima adalah pemeriksaan kesehatan gizi oleh Ibu Puas Ariyanti Amd.Gz (gizi) untuk mengetahui kesehatan gizi bagi para peserta posyandu. Pada kesehatan kesehatan gizi siswa dibekali dengan diberi penyuluhan singkat masalah keseimbangan gizi bagi tubuh remaja agar para remaja dapat berkembang secara maksimal dengan melalui asupan makanan bergizi selain pemeriksaan gizi juga melakukan pengisian formulir dan penyuluhan napza bagi seluruh peserta posyandu. Pada kegiatan posyandu remaja diakhiri dengan layanan konseling kesehatan jiwa oleh petugas posyandu. 

Rangkaian Posyandu Remaja diakhiri dengan menyerahkan obat penambah darah sejumlah 500 tablet untuk diberikan kepada seluruh siswa kelas X oleh Ibu  Arini Setyowati,Skep.Ners selaku ketua Posyandu Remaja Puskesmas Pejagoan. Penyerahan obat penambah darah diterima oleh pembina yaitu Bapak Sulfan Hadi Muttakin, S.Pd. beliau juga berpesan agar siswa mengonsumsi/minum obat penambah darah secara  berkala minimal satu minggu sekali. Adapun cara minumnya agar semua siswa mengonsumsi obat penambah darah yaitu dilakukan secara bersama-sama oleh siswa kelas X .

Setelah kegiatan Posyandu Remaja selesai seluruh Asbin dan pembina melakukan evaluasi kegiatan dan melakukan bersih-bersih tempat kegiatan.

Salam Remaja Sehat, generasi kuat.

PMR Abdi Wiratama unit SMA Negeri 1 Pejagoan.  (Sulfan Hadi Mutakim, S. Pd / Team IT Smanja)


Copyright © 2020 - 2022 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN