Visi Misi

VISI, MISI, DAN TUJUAN SMA NEGERI 1 PEJAGOAN


A.    VISI

Menjadi institusi pendidikan yang profesional menuju sumberdaya manusia yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan berbudaya, serta berwawasan lingkungan hidup.

 

B.    MISI

  1. Meningkatkan profesional seluruh komponen sekolah sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada anak didik dan masyarakat.
  2. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut.
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  4. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan terhadap budaya bangsa sehingga menjadi pribadi yang berbudi pekerti yang luhur dan berperilaku santun dalam kehidupan.
  5. Mencegah kerusakan, menjaga kelestarian dan mengoptimalkan fungsi lingkungan hidup

C.   TUJUAN SEKOLAH

  1. Mempersiapkan peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olah raga dan seni.
  3. Membekali peserta didik agar memiliki ketrampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu membangun diri secara mandiri.
  4. Menanamkan kepada peserta didik sikap ulet dan gigih dalam kompetisi beradaptasi dengan lingkungan dengan mengembangkan sikap sportifitas.
  5. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dengan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  6. Membentuk budaya warga sekolah yang peduli lingkungan hidup.

 

B.   SASARAN SEKOLAH

  1. Peningkatan mutu SMA Negeri 1 Pejagoan melalui upaya peningkatan mutu proses kegiatan belajar mengajar.
  2. Peningkatan penguasaan Standar Kompetensi Lulusan bagi siswa SMA Negeri 1 Pejagoan.
  3. Sebagai acuan sekolah dalam menyusun program kerja operasional dan realitas sesuai profil sekolah kategori mandiri dan kondisi sekolah.
  4. Sebagai pedoman arah  dalam mengembangkan program kerja sekolah untuk mencapai kategori mandiri.