PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Media pembelajaran berguna untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran serta meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang disajikan sehingga hasil belajar akan meningkat. Seiring berjalannya waktu perkembangan kajian teknologi dari masa ke masa berkembang cepat, arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras mengharuskan para guru dapat mengupdate kemampuan dalam menghadirkan media pembelajaran yang disajikan seiring perkembangan teknologi.
Salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah adalah Aplikasi Kahoot. Kahoot merupakan salah satu aplikasi game-based learning atau pembelajaran berbasis game yang paling banyak digunakan di dunia. Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan yang bisa digunakan sebagai teknologi Pendidikan disekolah atau Lembaga Pendidikan lainnya. Kahoot adalah permainan pembelajaran atau game edukatif berupa kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat dikases melalui penjelajah web atau aplikasi kahoot. Kahoot merupakan sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuiss yang meriah, heboh dan pembelajaran menjadi mudah dan sangat menyenangkan yang membuat peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran. Kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang efektif dan inovatif sangat diperlukan oleh guru. Dengan demikian siswa akan lebih tertarik dengan materi yang kita sampaikan dan akan meningkatkan hasil belajar. Minat siswa dalam belajar fisika juga sangat mempengaruhi hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa itu sendiri. Apabila seseorang berminat dalam sesuatu hal, maka ia akan cenderung memberikan perhatian, rasa senang dan keingintahuan yang tinggi. Jadi, minat dan penguasaan suatu pokok bahasan dalam pelajaran fisika akan mempengaruhi prestasi belajar fisika pada pokok bahasan berikutnya
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pejagoan, dalam pembelajaran Fisika khususnya Materi Hukum Hooke dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Sifat Elastisitas Bahan dalam Kehidupan sehari-hari ditemukan persoalan kurangnya minat belajar siswa dalam materi Hukum Hooke. Penggunaan media pembelajaran juga berfungsi untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran sebagai komponen penting dalam pembelajaran. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan disesuaikan dengan karakteristik siswa SMA yang sangat adaptif terhadap teknologi dan media social sehingga hasil belajar pun dapat meningkat. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung upaya tersebut yaitu dengan Aplikasi Kahoot ( aplikasi game based-learning ). Media aplikasi Kahoot menjadi salah satu pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan Minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berbasis problem based learning tentang materi yang diajarkan
Aplikasi Kahoot digunakan sebagai media pembelajaran berbasis game yang yang sering digunakan di dunia Pendidikan dapat meningkatkan minat peseta didik untuk belajar Fisika. Aplikasi Kahoot digunakan di awal pembelajaran sebagai bentuk preetest atau mendiagnosis kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran fisika dikemas dengan berbentuk game yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
Berikut ini cara menggunakan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, menggunakan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh meningkat dari biasanya. Aplikasi Kahoot memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berekpresi dan berekplorasi dengan media baru yaitu berbasis digital. Hal ini sesuai dengan karakter siswa SMA Negeri 1 Pejagoan yang hampir semua siswa memiliki HP Android. Pemanfaatan HP menjadi lebih maksimal dengan menggunakannya sebagai media dalam belajar.
Daftar Pustaka
Chasanah, Risdiyani dkk. 2019. Fisika untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam Untuk Kelas XI Semester 1.Jakarta. PT Intan Pariwara.
Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
Nafiah, Yunin Nurun, and Wardan Suyanto. “Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4.1 (2014).
Fazriyah, Nurul dkk. (2020). Penggunaan aplikasi Kahoot pada pembelajaran Media dan sumber pembelajaran SD: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6 (1)
Tinggalkan Komentar