Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Terbit : Senin, 12 Juni 2023 - Kategori : Kegiatan Guru

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT 

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Media pembelajaran berguna untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran serta meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang disajikan sehingga hasil belajar akan meningkat. Seiring berjalannya waktu perkembangan kajian teknologi dari masa ke masa berkembang cepat, arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras mengharuskan para guru dapat mengupdate kemampuan dalam menghadirkan media pembelajaran yang disajikan seiring perkembangan teknologi.

Salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah adalah Aplikasi KahootKahoot merupakan salah satu aplikasi game-based learning atau pembelajaran berbasis game yang paling banyak digunakan di dunia. Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan yang bisa digunakan sebagai teknologi  Pendidikan disekolah atau Lembaga Pendidikan lainnya. Kahoot adalah permainan pembelajaran atau game edukatif berupa kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat dikases melalui penjelajah web atau aplikasi kahoot. Kahoot merupakan sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuiss yang meriah, heboh dan pembelajaran menjadi mudah dan sangat menyenangkan yang membuat peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran. Kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang efektif dan inovatif sangat diperlukan oleh guru. Dengan demikian siswa akan lebih tertarik dengan materi yang kita sampaikan dan akan meningkatkan hasil belajar. Minat siswa dalam belajar fisika juga sangat mempengaruhi hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa itu sendiri. Apabila seseorang berminat dalam sesuatu hal, maka ia akan cenderung memberikan perhatian, rasa senang dan keingintahuan yang tinggi. Jadi, minat dan penguasaan suatu pokok bahasan dalam pelajaran fisika akan mempengaruhi prestasi belajar fisika pada pokok bahasan berikutnya

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pejagoan, dalam pembelajaran Fisika khususnya Materi Hukum Hooke  dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Sifat Elastisitas Bahan dalam Kehidupan sehari-hari ditemukan persoalan kurangnya minat belajar siswa dalam materi Hukum Hooke. Penggunaan media pembelajaran juga berfungsi untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran sebagai komponen penting dalam pembelajaran. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan disesuaikan dengan karakteristik siswa SMA yang sangat adaptif terhadap teknologi dan media social sehingga hasil belajar pun dapat meningkat. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung upaya  tersebut yaitu dengan Aplikasi Kahoot ( aplikasi game based-learning ). Media aplikasi Kahoot menjadi salah satu pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan Minat dan hasil belajar peserta didik  dalam pembelajaran berbasis problem based learning tentang materi yang diajarkan

Aplikasi Kahoot digunakan sebagai media pembelajaran berbasis game yang yang sering digunakan di dunia Pendidikan dapat meningkatkan minat peseta didik untuk belajar Fisika. Aplikasi Kahoot digunakan di awal pembelajaran sebagai bentuk preetest atau mendiagnosis kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran fisika dikemas dengan berbentuk game yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

 Berikut ini cara menggunakan aplikasi Kahoot  dalam pembelajaran.

  1. Masuk ke situs  Kahoot.com
  2. Pada menu Kahoot Creator, klik add question dan pilih quiz
  3. Tambahkan pertanyaan dikolom paling atas
  4. Apabila pertanyaan sudah diisi dan selesai, kemudian tambahkan Summary mulai judul, deskripsi, tempat penyimpanan dan Bahasa.
  5. Tekan tombol done
  6. Pilih play now untuk langsung bermain quiz
  7. Pilih classic agar peserta dapat bermain secara individu
  8. Halaman PIN Game akan muncul.
  9. Bagikan PIN Game kepada peserta didik yang akan mengikuti Quiz
  10. Pada halaman PIN Game akan terlihat peserta yang mengikuti Quiz
  11. Apabila peserta didik sudah bergabung semua, klik tombol START
  12. Selanjutnya pertanyaan akan muncul sesuai waktu yang ditentukan
  13. Setelah pertanyaan berlalu, maka layar akan menampilkan pilihan jawaban yang harus dipilih peserta didik
  14. Apabila peserta didik berhasil menjawab soal maka akan mendapatkan skor. Namun jika salah, tidak akan mendapatkan skor
  15. Nantinya layar akan menampilkan jawaban peserta
  16. Selanjutnya pertanyaan dan pilihan jawaban lain akan muncul lagi hingga akhir kuis
  17. Skor peserta akan terus diakumulasi hingga kuis berakhir
  18. Nantinya tiga besar dengan skor terbanyak akan diumumkan apabila kuis telah berakhir

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, menggunakan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.  Peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh meningkat dari biasanya. Aplikasi Kahoot  memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk berekpresi dan berekplorasi dengan media baru yaitu berbasis digital. Hal ini sesuai dengan karakter siswa SMA Negeri 1 Pejagoan yang hampir semua siswa memiliki HP Android. Pemanfaatan HP menjadi lebih maksimal dengan menggunakannya sebagai media dalam belajar.

Daftar Pustaka

Chasanah, Risdiyani dkk. 2019. Fisika untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam Untuk Kelas XI Semester 1.Jakarta. PT Intan Pariwara.

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Nafiah, Yunin Nurun, and Wardan Suyanto. “Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4.1 (2014).

Fazriyah, Nurul dkk. (2020). Penggunaan  aplikasi Kahoot  pada  pembelajaran Media dan sumber pembelajaran SD: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6 (1)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar