Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

VISITASI & SOSIALISASI PERPUSTAKAAN DIGITAL

Terbit : Selasa, 8 Agustus 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Dalam rangka kegiatan visitasi guna verifikasi instrumen perpustakaan berdasar pendataan perpustakaan berbasis wilayah Kabupaten Kebumen, pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Supriyono, S.I.Pust. melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Pejagoan pada hari Selasa, 1 Agustus 2023. Dalam kesempatan ini, beliau juga melakukan sosialisasi perpustakaan digital kepada 20 peserta sosialisasi dari perwakilan peserta didik kelas XI.

Visitasi dengan kegiatan pengecekan instrumen perpustakaan Galaksi berjalan cukup singkat karena data yang diperlukan sudah disiapkan sebelumnya. Setelah pengecekan, bapak Supriyono, S.I.Pust berdiskusi dengan pengelola perpustakaan Ibu Siti Rochamah, S.Pd dan Achmad Arif Mustakim, S.I Pust, membahas perkembangan perpustakaan Galaksi SMA Negeri 1 Pejagoan. Dalam diskusi tersebut, beliau menyarankan untuk mulai mempersiapkan perpustakaan Galaksi mengikuti akreditasi perpustakaan.

Selain mengadakan visitasi, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi perpustakaan digital. Generasi masa kini yang lebih dikenal dengan Generasi Z tentulah tidak asing dengan istilah digitalisasi yang telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pustaka. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memandang perlu untuk mengadakan ssosilasiasai perpustakaan digital agar peserta didik mau mengunduh dan memasang aplikasi perpustakaan digital melalui gawai mereka. Aplikasi yang disosilisasikan tersebut adalah BintangPusnas Edu dan iPusnas. Untuk menggunakan kedua aplikasi tersebut, pengguna cukup mengunduh aplikasi tersebut kemudian melakukan pendaftaran akun jika belum mempunyai akun dan melakukan verifikasi akun.

BintangPusnas Edu merupakan platform aplikasi yang terintegrasi dengan super app Perpustakaan Nasional RI dalam rangka peningkatan akses dan konten digital perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi dengan menyajikan koleksi buku digital dan beragam koleksi digital lainnya seperti buku audio, buku video, tutorial edukasi, jurnal ilmiah. Aplikasi ini dapat diakses melalui multi platform android, mac os, windows, dan ios guna peningkatan kualitas perpustakaan Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) dan 6 bentuk Perguruan Tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi, akademi Komunitas) dalam mendukung program merdeka belajar dan kampus merdeka serta percepatan pembinaan perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Sementara itu, iPusnas  merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini dapat dioperasikan di beberapa perangkat keras seperti smartphone dan komputer/laptop. iPusnas merupakan wujud inovasi perpustakaan digital yang diluncurkan secara gratis oleh Perpustakaan Nasional RI yang dengan mudah dapat diunduh melalu Play Store. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini yaitu layanan meminjam ebook secara gratis dengan durasi waktu tiga hari dan setelah itu ebook tersebut dengan sendirinya menghilang dari list peminjaman pemustaka. Selain itu aplikasi ini dilengkapi dengan fitur eReader yang membuat pemustaka dapat membaca ebook secara langsung di aplikasi tersebut tanpa tambahan aplikasi lain.

Harapan bapak Supriyono, 20 peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi dapat menularkan apa yang telah mereka dapatkan kepada teman-teman di kelasnya dan juga kepada adik serta kakak kelasnya. Selain itu, guna memberi informasi yang lebih jelas, beliau juga memberi selebaran berupa pamflet tentang petunjuk cara mengunduh aplikasi untuk ditempel di depan kelas atau tempat strategis sehingga dapat terbaca oleh seluruh warga sekolah. (Red)

 #sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru