Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SEMANGAT KEBHINNEKAAN DALAM PANGGUNG TTS

Terbit : Sabtu, 2 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Pada hari Rabu, 30 Agustus 2023, SMA Negeri 1 Pejagoan kembali mengadakan kegiatan GEPREK (Gerakan Pembiasaan Rabu Ekspresi Kita) berupa Panggung TTS. Panggung TTS merupakan singkatan dari Tidak Takut Salah. Dalam kegiatan ini peserta didik mengekspesikan jiwa atau bakat-bakat seni yang terpendam dalam diri mereka.

Berlokasi di Lapangan SMA Negeri 1 Pejagoan, panggung TTS kali ini diisi oleh kelas XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPA 3, dan XII IPS 3.  Kegiatan TTS ini dimulai pukul 06.45-08.20 WIB dengan penampilan pertama dari kelas XII IPS 3. Mereka menampilkan modern dance disertai lagu yang sudah akrab di telinga anak-anak muda sekarang. Selain modern dance tersebut, kelas XII IPS 3 juga menampilkan kebolehan bernyanyi salah satu anggota kelasnya. Suasana menjadi syahdu ketika penampilan mereka diakhiri dengan bernyanyi bersama.

Penampilan kedua diisi oleh kelas XII IPA 3 dengan menampilkan tari-tarian tradisional Indonesia seperti tari dari Jawa, Bali, dan lainnya. Penampilan mereka berhasil memukau peserta didik lain karena ditampilkan dengan kompak dan apik. Selanjutnya, kelas XII IPA 2 tampil meriah dengan petunjukan kolosal yang spekatakuler berjudul Sendratari Roro Jonggrang-Bandung Bondowoso. Mengambil latar cerita bersejarah, pertunjukan tersebut berhasil memukau dan membawa peserta didik lain beserta Bapak/Ibu guru karyawan mengenang kisah cinta bertepuk sebelah tangan awal mula terbentuknya Candi Prambanan. Pengumpamaan latar candi, make up yang apik serta dukungan koreografi yang ciamik membuat penampilan kelas XII IPA 2 patut dijadikan primadona TTS kali ini.

Penampilan kelas XII IPA 1 menutup kegiatan dengan menampilkan drama musikal bertema pertikaian antar suku di Indonesia. Pertikaian ini kemudian diselesaikan dengan kesadaran persatuan dalam kebhinnekaan. Tari-tarian dari berbagai wilayah nusantara dengan dukungan kostum warna warni pun memperkuat tampilan dan pesan persatuan yang mereka usung. Antusiasme penonton di akhir perform kelas ini semakin menguat saat kuis berhadiah seputar tampilan mereka dibuka. Dengan penuh semangat dan kegembiraan, mereka berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang diberikan.

Panggung TTS sebagai salah satu pembiasaan baik bagi peserta didik di hari Rabu benar-benar dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengekspresikan talenta terbaik masing-masing kelas. Semoga dengan terakomodirnya kegiatan peserta didik untuk bisa menunjukkan kebolehan dan mengapresiasi apa yang peserta didik lain tunjukkan semakin menambah semangat belajar dalam suasana yang menyenangkan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar