Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Unggah-Ungguh dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa dengan Model Pembelajaran Project Based Learning

Terbit : Kamis, 30 November 2023 - Kategori : Kegiatan Guru

Berbicara dalam bahasa Jawa memang sangat sulit karena pemilihan penggunaan bahasa Jawa sangat tergantung dengan orang yang diajak berbicara. Dalam bahasa Jawa istilah ini dikenal dengan unggah ungguh.  Unggah ungguh sangat erat kaitannya dengan kesopanan atau tata krama. Secara sederhana unggah ungguh dapat diartikan aturan adat masyarakat Jawa perihal sopan santun, tatakrama, tata susila menggunakan bahasa Jawa. Tetapi untuk sekarang ini banyak siswa mengalami kesulitan dalam berbahasa Jawa ragam krama terutama membedakan beragam jinis kosakata dalam unggah- ungguh basa. Untuk  zaman sekarang masih banyak siswa siswi kita yang belum menerapkan unggah ungguh basa dengan orang yang lebih tua. Faktor penyebab  siswa  kesulitan  dalam berbahasa Jawa yaitu faktor internal (faktor yang  berasal dari dalam diri  peserta didik)  dan  faktor eksternal (faktor yang berasal dari  luar  diri siswa).

  • Faktor internal yang mempengaruhi siswa mengalami kesulitan berbicara bahasa Jawa ragam krama salah satunya yaitu minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran  bahasa Jawa dikarenakan siswa menganggap pelajarana bahasa Jawa itu sulit.
  • Faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat ( misalnya kurang terbiasanya siswa menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian jadi muncullah gengsi ketika menggunakan bahasa Jawa ragam krama ) Kemudian setelah lebih dikerucutkan dari responden yang dianalisis diperoleh faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar berbahasa Jawa yakni ada 2 Faktor bahasa dan faktor non bahasa.

Dengan demikian perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan unggah ungguh dalam berbahasa Jawa. Salah satu solusi untuk mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan nyaman dalam belajar berbahasa Jawa. Strategi pembelajaran Bermain Peran atau Role playing merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar unggah ungguh basa. Penerapan metode ini adalah siswa membuat skenario sandiwara berisi percakapan tentang tema tertentu. (Andriani, 2013). Percakapan tersebut harus menggunakan bahasa Jawa. Percakapan dilakukan oleh teman sebaya atau orang yang lebih tua.

            Daftar Pustaka

Jurnal Fina Dwi Anisa Puspitasari Jurusan Bahasa Jawa Universitas Negeri Semarang yang berjudul Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Jawa Ragam Krama Siswa Smp Negeri 40 Semarang.

(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang/article/view/20509

Disusun oleh

( WINDA AGUS SETYARINI )

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru