LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL KELAS XII SMAN 1 PEJAGOAN



(Jumat, 31/12/2021) Di penghujung Tahun 2021,  tepatnya pada hari Rabu, 22 Desember 2021 pukul 12.30 - 16.30 WIB, layanan Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan Layanan Bimbingan Klasikal kepada seluruh siswa kelas XII IPA dan IPS, bertempat di aula smanja yang mewah dan representatif, dengan tema layanan : MAU KEMANA SETELAH LULUS NANTI?

Kegiatan ini dilaksanakan dengan agenda khusus mengupas tuntas semua informasi terkait kelanjutan studi, antara lain SNMPTN, SBMPTN, SM, KIP-K, SPAN-PTKIN, SNMPN, PMDKPN dan informasi penting lainnya.

Sambil membuka acara, Budi Rianto, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala SMA N 1 Pejagoan menyatakan sangat mendukung berbagai kegiatan positif seperti ini untuk selalu dilaksanakan. Tak lupa juga beliau memberikan motivasi kepada para siswa agar sedini mungkin mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan semangat, berusaha, berdoa dan yang paling penting meminta restu dari orang tua.



Menurut koordinator Bimbingan Konseling Smanja, Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Si, di masa pandemi ini, dengan selalu memperhatikan prokes, Bimbingan Konseling tetap memberikan pelayanan secara maksimal.

“Saat ini anak-anak membutuhkan sekali informasi terkait kelanjutan studi, maka di akhir kegiatan kami bagikan link awal rencana setelah lulus nanti sebagai dasar pemetaan awal rencana pembimbingan nantinya. Dalam Kegiatan ini kami menggandeng Forum Mahasiswa Kedinasan Kebumen (FMKK) serta alumni smanja lulusan tahun ini yang masuk di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma), Poltekesos Bandung, Politeknik AUP, Poltekkes Surakarta dan Politeknik KP. Kehadiran mereka sekaligus memberikan testimoni, motivasi serta tips biar bisa lolos di kedinasan. Saya yakin dengan mendatangkan langsung kakak kelas yang sudah sukses bisa menjadi motivasi tersendiri buat anak-anak kami”, urainya.


Secara umum, kegiatan Layanan Bimbingan Klasikal ini berlangsung sukses. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa-siswi smanja yang aktif bertanya tentang informasi terkait kelanjutan studi, dan berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini misalnya dengan diadakannya try out gratis UTBK maupun try out kedinasan itu sendiri. Layanan Bimbingan Konseling smanja juga bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang bisa mendukung adanya kegiatan TO UTBK secara gratis. Semoga dengan semakin seringnya siswa-siswa mengikuti TO UTBK (Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer), mereka akan semakin sukses mengikuti UTBK yang sesungguhnya.

Sesuai arahan kepala sekolah, layanan Bimbingan dan Konseling bekerja sama dengan tim USIS smanja (Khabib Marzuki, SE, Asmaul Riyadi, S.Kom dan Ngadnan, S.Pd) akan mengawal penuh dari kelas X terkait kesiapan menghadapi kelanjutan studi, dengan mencetak ranking 1 sampai dengan 50 untuk setiap jurusan dan jenjang serta leger nilai dari semester satu, kemudian memberikannya kepada semua guru mapel dan pihak lain yang berhubungan langsung terkait pengawalan dini ini.

Layanan Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 1 Pejagoan melayani dengan hati, serta kesuksesan dan keberhasilan siswa adalah kebahagiaan kami. Terima kasih  (Khusnul Khotimah/Endah TR)

Copyright © 2020 - 2022 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN