Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SMANJA RAIH JUARA 3 TINGKAT NASIONAL ANUGRAH SEKOLAH BERBUDAYA SEHAT

Pejagoan – Setelah melewati proses yang cukup panjang kurang lebih 6 bulan ini, akhirnya Kepala SMAN 1 Pejagoan Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng berhasil terpilih menjadi salah satu dari 10 finalis. Puncaknya, Sabtu 3 Juni 2023, melaju ke babak Grand Final Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat. Presentasi Best Practice tentang budaya sekolah sehat di SMA Negeri 1 Pejagoan yang disampaikan secara apik mentasbihkan Erna Umu Nurlalea, S.Pd, M.Eng sebagai Juara 3 Nasional.

Dalam presentasinya, Ibu Erna mengangkat budaya sehat di SMA Negeri 1 Pejagoan yang meliputi kegiatan pembiasaan Geprek (Gerakan Rabu Ekspresi Kita), Satset (Sarapan sehat setiap hari), dan Jus Tomat (Jumat Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Takwa). Ketiga kegiatan pembiasaan tersebut secara nyata dapat meningkatkan rasa percaya diri, semangat belajar, dan juga sangat berpengaruh pada peningkatan kesehatan siswa SMA Negeri 1 Pejagoan.

Di tahun ke-5 penyelenggraannya, acara yang digagas oleh Universitas Ngudi Waluyo (UNW) ini mengusung tema “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Mewujudkan Sekolah Berbudaya Sehat.” Dewan juri utama dalam penyelenggaraan acara tahun ini yaitu Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum selaku rektor Universitas Ngudi Waluyo dan para pembantu rektor. Yang menarik dari penjurian ini adalah para juri tidak hanya berasal dari UNW saja, namun seluruh finalis berhak menilai presentasi finalis lainnya. Selain itu, hadir secara virtual juri peserta yang terdiri dari dua orang (kepala sekolah/wakasek/guru) yang diajukan oleh masing-masing finalis.

Harapan setelah berakhirnya kegiatan yaitu adanya kerja sama dengan pihak Universitas Ngudi Waluyo dalam program KOKY (Kerja Ok Kuliah Yes). Melalui program KOKY, sekolah akan bekerjasama dengan pihak kampus untuk mengupayakan para siswa yang ingin bekerja sambil kuliah melalui program pelatihan dan penemptan kerja dan sistem perkuliahan blanded. Hal ini tentu saja akan sangat membuka peluang dan membantu para lulusan Smanja untuk lanjut studi, karena sebelumnya banyak alumni smanja yang tidak dapat melanjutkan kulih karena hambatan ekonomi. Adanya program KOKY diharapkan akan meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi nantinya. (Red)

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru