Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

GENERASI ANTI BULLYING SMANJA

Terbit : Kamis, 9 Februari 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka, SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Rangkaian kegiatan P5 ini dilaksanakan sejak tanggal 16 sampai dengan 27 Januari 2023. Puncak dari kegiatan ini yaitu kegiatan Gelar Karya yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 25 dan 26 Januari 2023 bertempat di Aula SMA Negeri 1 Pejagoan berupa pementasan drama anti bullying dengan tema Prestasi Tanpa Bullying Munculkan Generasi Muda yang Berdaya Saing Memasuki Revolusi Industri 4.0.

Selama 2 hari, secara bergantian kelas X menampilkan drama terbaik hasil kreativitas mereka sesuai dengan jadwal dan tema yang sudah ditentukan, yaitu verbal bullying, physical bullying, social bullying, cyber bullying, dan sexual bullying. Dari 5 tema yang disediakan sekolah, masing-masing kelas menampilkan judul drama yang berbeda sesuai dengan tema yang harus mereka tampilkan.

Berikut adalah daftar judul drama dalam rangka kegiatan Gelar Karya P5 di SMA N 1 Pejagoan dari Kelas X.1 sampai dengan X.10:

  1. Kelas X.1, Save Me from Verbal Bullying
  2. Kelas X.2, Secret Hero Class.
  3. Kelas X.3, Unfriend You
  4. Kelas X.4, Neta, Hujan Telah Tiba.
  5. Kelas X.5, The Wheel of Life
  6. Kelas X.6, Rantai Bullying
  7. Kelas X.7, Rewrite the Star
  8. Kelas X.8, Perisakan di Buntala.
  9. Kelas X.9, Better Me
  10. Kelas X.10, No One Can Kill Me if I Get Stronger.

Kegiatan Gelar Karya ini selain disaksikan oleh siswa kelas X yang tidak tampil, juga disaksikan oleh siswa kelas XI maupun kelas XII secara bergantian. Selain siswa terhibur dengan kegiatan pentas drama ini, kegiatan tersebut juga sebagai ajang kampaye anti bullying di sekolah.

Dalam sambutannya, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap acara Gelar Karya ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini di luar ekspektasi. Kegiatan yang digambarkan akan berlangsung biasa-biasa saja ternyata bisa berjalan secara luar biasa.  Pada akhirnya, sangat diharapkan agar siswa mampu menjadi upstanders (pembela) jika ada kejadian bullying. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar