Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

KOMUNITAS PRAKTISI SESARENGAN GELAR KELAS BERBAGI

Terbit : Senin, 31 Juli 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Dalam rangka pemenuhan tugas Calon Guru Penggerak, Nurhidayati Susilowati, S.Pd, dan upaya menindaklanjuti hasil Rapor Pendidikan Tahun 2023, komunitas praktisi SMA Negeri 1 Pejagoan mengambil tema Kelas Berbagi dan Sosialisasi Rapor Pendidikan Tahun 2023 pada hari Jumat, 28 Juli 2023. Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan tanpa terkecuali.

Dalam sambutannya guna membuka acara, kepala sekolah, Erna Umu Nurlaela, S.Pd, M.Eng memaparkan bahwa kegiatan MPLS minggu pertama masuk sekolah bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, beliau berpesan kepada seluruh guru, bahwa sosok guru di mata anak-anak harus bisa menjadi orang tua yang menginspirasi dan memotivasi peserta didik serta harus memiliki jiwa pembelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya, pemateri pertama dalam kegiatan Komunitas Praktisi Berbagi, Nurhidayah Susilowati, S.Pd, memaparkan tentang Implementasi Disiplin Positif di Sekolah dan peran guru saat berada di sekolah dalam upaya mendidik murid. Selain itu, guru diharapkan dapat memfasilitasi pembuatan kesepakatan kelas agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Pemateri selanjutnya, Titi Nurhadiyatun, S.Pd. selaku Waka Kurikulum mengajak seluruh warga sekolah untuk melihat kembali rapor pendidikan agar bisa mengetahui kelemahan yang kita miliki. Selain membahas tentang Rapor Pendidikan, beliau juga memaparkan tentang penyusunan tujuan pembelajaran yang akan diinput dalam e-rapor kelas X dan XI. Kegiatan selanjutnya Sosialisasi Rapor Pendidikan Tahun 2023 oleh Bu Titi Nurhadiyatun, S.Pd. Pesan dari Bapak Khaerul Anwar, S.Pd selaku Pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah IX diharapkan semua waga sekolah membuka rapor pendidikan karena itu merupakan hasil ANBK tahun 2022.

Sebagai penutup dalam kegiatan komunitas praktisi berbagi tersebut, Endah Tri Rachmani, S.Sos. selaku Waka Sarpras memaparkan hasil pertemuan di Hotel Mexolie tentang Sekolah Adiwiyata. Program Sekolah Adiwiyata tidak hanya sekedar lomba, namun sebuah proses membudayakan perilaku dan budaya peduli lingkungan di sekolah. Konsep itu sendiri harus sudah direncanakan dalam buku 1 KTSP dan KOSP serta sudah dijabarkan dalam modul ajar ataupun RPP yang dibuat oleh guru.

Hadirnya  kegiatan Komunitas Praktisi ini merupakan ajang berbagi dan belajar bagi seluruh warga sekolah. Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja demi kemajuan SMA Negeri 1 Pejagoan di masa yang akan datang. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru