Info Sekolah
Kamis, 02 Mei 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PESANTREN RAMADHAN, MABIT, DAN SEKOLAH AL KITAB SMANJA

Terbit : Jumat, 5 April 2024 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan / Uncategorized

Pejagoan – Setelah hampir 2 minggu siswa kelas X dan XI sibuk dengan kegiatan Asesmen Sumatif Bersama (ASB), agenda kegiatan siswa di akhir bulan Ramadhan pun difokuskan untuk mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan dan Mabit dengan tema “Semangat Ramadhan 1445 Membangun Kepribadian Unggul, Berintegrasi, dan Berakhlak Mulia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2024 sampai dengan Jumat, 5 April 2024 dengan kegiatan puncak yang diisi dengan Pesantren Kilat Ramadhan dan Mabit bagi siswa muslim dan Sekolah Al Kitab bersama Pnt. Sri Raharjo, S.Pd. bagi siswa yang beragama Kristen dan Katholik.

Kegiatan kali ini dibuka langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa kegiatan selama dua hari mendatang tersebut merupakan ajang kebersamaan guna menjalin kedekatan antar siswa. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang belajar bersama, tidak hanya belajar materi keagamaan, materi tentang pergaulan remaja pun disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Materi tentang Pencegahan Pernikahan Dini bagi Remaja menjadi materi awal yang sangat menarik dari Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen, H. Salim Wazdy, S.Ag., M.Pd. Selanjutnya, Yulia Tri Haryanti, S.Psi., M.Psi, Psikolog dari RSUD Soedirman Kebumen, menyampaikan materi tentang Pergaulan Sehat Remaja Islami. Materi menarik lainnya disampaikan oleh Riski Julia dari “Emina” yang membawakan Tips Sehat Muslimah. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kegiatan di sore hari diisi dengan Panggung TTS yang menampilkan drama musikal dari kelas XI B dan XI C.

Selesai berbuka bersama, kegiatan dilanjutkan dengan sholat maghrib, isya dan tarawih secara berjamaah di lapangan sekolah. Setelahnya, dilanjutkan dengan kegiatan Tadarus Al Quran sampai dengan Khotmil Quran di Aula SMA Negeri 1 Pejagoan. Setelah seluruh peserta istirahat, acara yang tidak kalah mengasyikan yaitu kegiatan sahur bersama yang dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah. Guna menambah wawasan dan pemahaman tentang Puasa Ramadhan, seusai sholat Subuh peserta pesantren Ramadhan mendapat tambahan materi tentang Keutamaan Puasa Ramadhan dari Hendri Unduh N, M.Pd., C.STMI,C.NNI,P, selaku Komite sekolah.

Pada Hari Jumat, 5 April 2024, pukul 08.00 WIB, Kegiatan Pesantren Ramadhan, Mabit, dan Sekolah Al Kitab ditutup dengan kegiatan apel penutupan di lapangan sekolah. Kegiatan apel penutup dipimpin oleh Ketua TIM Pengembang Sekolah, Drs. Rohmat Supriyadi. Dalam sambutannya beliau berpesan agar semangat Ramadhan bisa membangun kepribadian unggul, berintegritas, dan berakhlak mulia. Hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini.

Di penghujung acara, kegiatan Pesantren Ramadhan, Mabit, dan Sekolah Al Kitab ditutup dengan doa bersama. Semoga hadirnya kegiatan ini bisa membentuk karakter siswa agar memiliki akhlak yang lebih baik lagi. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru