Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Wakil Bupati Kebumen Bangun Jiwa Wirausaha Siswa/Siswi Smanja

Terbit : Kamis, 4 Mei 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Guna menguatkan visi sekolah “Terwujudnya peserta didik yang bertaqwa, berakhlak mulia, berprestasi dan berwawasan kewirausahaan” SMA Negeri 1 Pejagoan menyelenggarakan kegiatan Seminar Kewirausahaan pada hari Selasa, tanggal 2 Mei 2023. Kegiatan yang mengundang wakil bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih, S.St, M.M sebagai narasumber ini sekaligus merupakan salah satu bagian dalam rangkaian acara HUT sekolah ke-33 di tanggal 5 Mei.

Kegiatan Seminar Kewirausahaan ini dibuka langsung oleh Kepala SMAN 1 Pejagoan Erna Ummu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. Beliau berpesan pada para siswa untuk mengikuti acara seminar dengan sebaik-baiknya karena tidak semua sekolah memiliki kesempatan untuk bisa belajar langsung dengan wakil bupati Kebumen.

Dalam materi kewirausahaan yang disampaikan, Ibu Ristawati mengajak para siswa untuk tidak menjadi kaum rebahan, akan tetapi lebih memanfaatkan waktu dengan hal yang produktif. Selain itu, kaum muda yang ingin menjadi wirausahawan juga harus memulai dengan menjadi pemuda yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila (Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Mandiri, Berkebhinnekaan global, Bernalar kritis, Kreatif, dan Bergotong royong).

Kaum muda yang berjiwa wirausaha menjadi modal yang penting untuk mendukung kemajuan sebuah bangsa karena di tangan pemuda yang produktif ini lah bisa dilakukan hal-hal yang luar biasa. Semangat ini pernah disampaikan oleh Ir. Soekarno yang menyatakan, “Beri saya 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia”.

Bibit-bibit wirausaha di kalangan siswa SMA Negeri 1 Pejagoan terungkap saat ibu wakil bupati bertanya kepada para siswa. Daffa, kelas X.4 mengungkapkan bahwa dirinya bercita-cita untuk menjadi pengusaha kuliner dengan cara mendirikan restauran. Selain itu, Fadia Anastasia, kelas XI MIPA 1 juga mengungkapkan cita-citanya untuk menjadi pengusaha dan memiliki yayasan untuk menampung bayi-bayi yang terlantar.

Di sesi tanya jawab, Ambarwati kelas X.7 menanyakan tentang apa saja faktor yang diperhitungkan menjadi pengusaha pemula? Selain itu, Fadiana Anastasia kelas XI MIPA 1 menanyakan tentang bagaimana cara kita sebagai pelajar untuk peka terhadap peluang usaha di sekitar kita dan bagaimana cara kita membangkitkan dan meningkatkan sikap kreatif dan inovatif di kalangan pelajar?

Pertanyaan dari siswa dijawab dengan sangat apik oleh Ibu Rista yang sekaligus juga sebagai motivasi bagi para siswa, “Posisi kalian sekarang adalah menjadi seorang siswa. Jadilah siswa yang memiliki profil pelajar Pancasila. Memiliki kepribadian Pancasila merupakan modal awal menjadi seorang pengusaha. Selain itu, dapat menangkap peluang yang ada. Cari peluang dari lingkungan sekitar kita. Jangan terlalu memaksakan diri dulu karena masih menjadi siswa. Usaha yang paling mudah yaitu berawal dari hobi atau kesenangan. Jika ingin menjadi orang sukses bergaullah dengan orang-orang sukses.”

Di penghujung acara, Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, SPd, M.Eng menyerahkan cenderamata dari sekolah yang langsung kepada wakil bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaninhsih, S.St, M.M. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama seluruh panitia siswa dan bapak/ibu guru/karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan bersama ibu wakil bupati.

Semoga pembekalan tentang materi kewirausahaan dari wakil bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih, S.PSt, M.M dalam acara seminar kali ini mampu memberikan pemahaman dan penguatan yang berkelanjutan untuk nantinya memunculkan wirausaha muda dari siswa/siswi SMA Negeri 1 Pejagoan. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar