Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

GEPREK PANGGUNG TTS DAN DEKLARASI ANTI KEKERASAN

Terbit : Jumat, 27 Oktober 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Kegiatan Geprek (Gerakan Pembiasaan Rabu Ekspresi Kita) SMA Negeri 1 Pejagoan di minggu ketiga bulan Oktober  ini diisi dengan kegiatan Panggung TTS (Tidak Takut Salah). Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 di lapangan SMA Negeri 1 Pejagoan suasananya agak berbeda dengan kegiatan TTS bulan sebelumnya karena selain menampilkan kreasi kelas, juga diisi dengan Deklarasi Anti Kekerasan.

Panggung TTS kali ini menampilkan berbagai ragam kreasi, mulai dari drama, tarian, maupun band dari kelas X.J, X.C, X.G, X.I, dan X.D. Setiap kelas berusaha menampilkan performa semaksimal mungkin sehingga terlihat menarik dan meningkatkan antusiasme warga sekolah untuk menyaksikan penampilan mereka. Hal lain yang menarik dalam kegiatan geprek Rabu lalu yaitu penampilan dari kelas X.J yang membagikan doorprize bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan seusai menampilkan kreasi kelas mereka.

Setelah penampilan dari semua kelas yang sudah dijadwalkan, kegiatan dilanjutkan dengan Deklarasi Anti Kekerasan oleh seluruh siswa SMA Negeri 1 Pejagoan. Kegiatan pengucapan deklarasi ini dipimpin langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan dengan pengucapan deklarasi dipandu oleh Dannur Septiadi Kelas XI.D yang kemudian ditirukan oleh seluruh siswa.

Deklarasi ini merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kekerasan di sekolah baik kekerasan secara fisik, kekerasan seksual, maupun mencegah terjadinya bullying. Dalam kegiatan deklarasi ini, setiap siswa diwajibkan membuat poster bertema anti kekerasan yang kemudian ditampilkan dalam kegiatan ini. Hal ini dimaksudkan agar siswa jauh lebih memahami tentang jenis kekerasan yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah.

Isi dari deklarasi anti kekerasan di sekolah adalah komitmen seluruh siswa untuk Anti kekerasan dan tidak akan melanggar hukum; Selalu menghormati guru dan menghargai teman; Tidak akan melakukan kekerasan fisik, kekerasan psikis, bullying, kekerasan seksual, diskriminasi dan intoleransi; Tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum; Akan senantiasa rukun, kerjasama, gotong royong, dan berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah.

Setelah pengucapan deklarasi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan banner Deklarasi Anti Kekerasan di sekolah oleh seluruh pengurus OSIS dan pengurus MPK dengan disaksikan oleh seluruh siswa lain serta bapak/ibu guru/karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan. Selanjutnya, acara ditutup dengan lounching jingle Ayo Rukun karya Dr. Uswatun Khasanah, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang diaransemen oleh band Suddenly SMA Negeri 1 Pejagoan.

Adanya kegiatan deklarasi ini merupakan upaya bersama dalam memerangi kekerasan di lingkungan sekolah baik yang bersifat fisik, seksual, maupun nonfisik/bullyng. Selain deklarasi anti kekerasan, pihak sekolah juga membagikan dan menempel di beberapa sudut sekolah nomor telepon yang bisa dihubungi jika siswa melihat atau mengalami kekerasan di sekolah. Dari kegiatan tersebut, sangat diharapkan tidak ada lagi kekerasan di sekolah utamanya di SMA Negeri 1 Pejagoan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar