Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Sosialisasi Germas di Kegiatan MPLS

Terbit : Rabu, 19 Juli 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Mengawali rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2023/2024, SMA Negeri 1 Pejagoan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gaya Hidup Sehat Berkelanjutan. Kegiatan yang difokuskan di Aula ini bekerjasama dengan praktisi kesehatan, dr. Timbul Pranoto, M. Sc selaku Kepala Puskesmas Pejagoan.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, beliau menyampaikan beberapa hal tentang penyakit tidak menular dan germas hidup sehat. Data menyatakan bahwa kematian akibat penyakit tidak menular seperti obesitas, kanker paru, jantung, gangguan pencernaan, stroke, kerusakan organ, dan sebagainya, semakin meningkat dari tahun ke tahun. Keadaan ini terjadi seiring dengan meningkatnya faktor resiko seperti kurangnya aktivitas fisik, suka merokok, kurang konsumsi sayur dan buah, serta minum-minuman beralkohol.

Memang benar kematian akibat penyakit menular masih menjadi masalah, namun kematian akibat penyakit tidak menular dan cedera juga semakin meningkat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa tren kematian saat ini justru didominasi oleh penyakit tidak menular. Hal tersebut akan terus meningkat seiring dengan perubahan perilaku dan gaya hidup, seperti sedentary (malas bergerak, kurang olahraga), diet tidak sehat (tinggi gula, garam, dan lemak, serta rendah serat sayur dan buah), merokok, minum alkohol, dan stress tinggi.

Cara yang dapat dilakukan guna mencegah penyakit tidak menular yaitu melalui Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dikenalkan dengan istilah CERDIK (C : cek kesehatan secara rutin, E : enyahkan asap rokok, R: rajin aktivitas fisik, D: diet seimbang, I: istirahat cukup, K: kelola stress). Guna mendapatkan hasil maksimal, germas harus dilakukan secara sistematis, terencana dan dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Semakin dikenalnya germas semoga juga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu berupaya berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga, produktif, serta lingkungan yang bersih sehingga biaya untuk berobat juga berkurang. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru