Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

BELAJAR MENYENANGKAN DENGAN PROKOL PASTI SIMPEL

Terbit : Selasa, 5 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Guru

Pejagoan – Guna meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya, pada hari Rabu (29/11) SMA Negeri 1 Pejagoan kembali menggelar rentetan workshop. Kali ini workshop mengangkat tema Refleksi Kompetensi dan Penyusunan Modul Projek Kolaborasi yang berlangsung pukul 13.00 s.d. 15.30 WIB. Bertempat di aula sekolah, workshop yang menghadirkan ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd, M.Eng selaku pembicara ini dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan. Dalam paparannya, beliau memberikan tema Prokol Pasti Simpel (Projek Kolaborasi Peningkatan Kompetensi Sinergi Guru antarguru Mapel).

Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai aturan/teknis modul kolaborasi antarguru mapel yang nantinya akan dilaksanakan pada semester depan.  Dipaparkan juga mengenai metode-motode pembelajaran yang membuat anak merasa bahwa pembelajaran yang dialaminya menyenangkan dan penuh makna. Ketika siswa merasa senang dengan pembelajaran yang dialami maka secara otomatis siswa tersebut akan menyenangi mata pelajaran tersebut, dan kompetensi mumpuni adalah bonus yang didapatkannya.

Prokol Pasti Simpel adalah sebuah kegiatan kolaborasi yang berakar pada keinginan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu, adanya tuntutan perkembangan zaman yang menuntut guru menjadi kreatif dalam menyajikan proses pembelajaran tanpa membebani siswa. Adanya Prokol ini diharapkan siswa tidak lagi terkendala untuk mengetahui, menghayati, dan melakukan hasil pembelajaran yang bermakna karena adanya tuntutan tagihan kompetensi dari guru masing-masing mata pelajaran yang harus dikerjakan secara mandiri.

Pembelajaran dengan model projek kolaborasi ini sejatinya adalah mengembalikan esensi dari manusia itu sendiri, yaitu manusia sebagai makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan kerja sama, menghargai pendapat orang lain, pengendalian diri, kesabaran, dan kecerdasan emosial.  Sifat-sifat manusia inilah yang diharapkan akan tumbuh subur dengan model pembelajaran projek kolaborasi. Jikalau siswa mempunyai sifat-sifat tersebut dengan mumpuni, diharapkan pembelajaran yang dilakukan menjadi sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan penuh dengan makna. Semoga Prokol Pasti Simpel dapat terlaksana dengan baik sehingga terciptalah pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. (Red)

 

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru