Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SISWA SMANJA BELAJAR PEMILU DI KPU

Terbit : Kamis, 7 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Melengkapi rangkaian kegiatan Projek P5, Suara Demokrasi, Selasa (5/9) sejumlah 351 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pejagoan berkesempatan mengunjungi kantor KPU Kebumen. Didampingi tim manajemen sekolah dan koordinator projek, mereka datang untuk melihat, menilik, dan belajar langsung tentang proses tahapan pemilu di gedung penyelenggara pemilu yang beralamat di Jalan Arumbinang nomor 14, Dukuh, Kebumen.

Kunjungan ke KPU ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi pukul 08.00 WIB dan sesi siang pukul 13.00 WIB. Adapun sesi pagi terdiri dari 178 siswa kelas XI A, B, C, D, E dan sesi siang sebanyak 173 siswa kelas XI F, G, H, I, J. Setelah tiba di lokasi, siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok 1 menuju ruang rapat besar untuk menerima materi. Kelompok 2 mengikuti mini tour RPP (Rumah Pintar Pemilu), dan kelompok 3 mengikuti kegiatan simulasi Pemungutan Suara di TPS. Dalam satu hari, gedung bercat abu-abu itu tampak riuh oleh antusiasme siswa mengikuti mini tour yang diselenggarakan oleh KPU.

Simulasi pemungutan suara di TPS adalah sesi yang menarik untuk siswa. Mereka dikenalkan langsung dengan keadaan riil Pemilu yang terjadi di Indonesia. Ada yang menjadi KPPS, Saksi, Keamanan, Tim Pemantau, dan Pengawas Pemilu. Secara bergantian mereka melakukan simulasi pemungutan suara yang akan mereka hadapi di tahun 2024 mendatang.

Mini tour RPP adalah kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan. Di sini para siswa dikenalkan dengan data-data mengenai seluk beluk pemilu di Indonesia. Mereka bisa mengamati siapa saja parpol peserta pemilu, sejarah pemilu, tahapan pemilu, dan hal lain terkait pemilu melalui infografik yang dipajang di dinding KPU. Pada kegiatan ini mereka juga berkesempatan langsung mengecek nama mereka apakah sudah dapat memilih di Pemilu 2024 atau belum melalui laman https://cekdptonline.kpu.id.

Selain karena merupakan rangkaian kegiatan Projek P5, kunjungan ke KPU ini juga bertujuan agar para siswa mengenal dan belajar langsung mengenai seluk beluk pemilu di Indonesia dengan pihak yang berkompeten di bidangnya. Harapannya, setelah selesai kegiatan mereka mempunyai bekal untuk menghadapi Pemilu 2024 dan juga Projek P5.

Disampaikan oleh Bapak Yulianto, S.Kom., M.Kom, Ketua KPU Kebumen, bahwasanya kegiatan sosialisasi Pemilu seperti ini sangatlah penting. Apalagi siswa-siswi kelas XI adalah calon pemilih pemula di Pemilu 2024. Dengan adanya kegiatan seperti ini beliau berharap mereka akan menjadi pemilih pemula yang cerdas dan tidak apatis terhadap pemilu yang akan datang. Ditambahkan juga bahwa mereka adalah generasi milenial yang tidak punya pembanding politik sehingga kemungkinan untuk menjadi golput sangat besar. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar