Info Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2024

Terbit : Kamis, 2 Mei 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Kamis (2/5) SMA Negeri 1 Pejagoan melakukan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Upacara yang diikuti oleh seluruh elemen sekolah, baik siswa, guru, maupun karyawan dimulai pukul 07.00 WIB dan berlangsung dengan tertib. Bertempat di lapangan sekolah, kali ini peserta ekstrakurikuler Tontama (Peleton Utama), yang bertugas sebagai petugas upacara.

Dalam upacara kali ini, Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M. Eng., bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim yang mengenang perjalanan Merdeka Belajar selama lima tahun terakhir. Disampaikan bahwa banyak tantangan dan perjuangan yang harus dihadapi guna mengubah sistem pendidikan yang telah berakar di negeri ini. Selain itu, Mendikbudristek juga berterima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah mendukung Merdeka Belajar. Tak lupa, ia juga berpesan dan mengajak seluruh elemen bangsa untuk melanjutkan transformasi pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar.  Hal ini sejalan dengan tema Hardiknas 2024 yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Peringatan Hardiknas merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia, terutama untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan Indonesia. Sejarah Hardiknas memiliki akar sebagai perjuangan untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Penetapan Hardiknas tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan Indonesia.  Tanggal 2 Mei dipilih sebagai hari istimewa bertepatan dengan hari lahir  Bapak Pendidikan Nasional. Beliau yang bernama asli Raden Mas Soewardi dikenal sebagai sosok kritis terhadap kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda. Dirinya terkenal lantang menyuarakan hak pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia, terlepas dari latar belakang social maupun ekonomi. Selain itu, peringatan Hardiknas ini juga dijadikan momentum untuk menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh instansi pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari wujudkan generasi emas dengan “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru