Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PELANTIKAN CALON ASBIN PMR ABDI WIRATAMA

Terbit : Sabtu, 6 Agustus 2022 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

Sabtu, 6 Agustus 2022, digelar Apel Pembukaan Pelantikan Calon Asisten Pembina PMR Abdi Wiratama. Di lapangan SMAN 1 Pejagoan, Kebumen sejumlah 22 calon Asbin (Asisten Pembina) PMR Angkatan ke-13 dilantik. Melalui sambutan pembina Apel (Drs. Edy Wahyu), Kepala Sekolah (Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng) berharap kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Drs. Edy Wahyu (Wakasek Kesiswaan)  juga menyampaikan agar kegiatan PMR dapat lebih memaksimalkan UKS. Melalui kegiatan UKS diharapkan  setiap permasalahan kesehatan yang dialami oleh warga sekolah dapat diatasi dengan baik. Diharapkan pula, PMR dapat menjembatani pihak-pihak terkait, stakeholder di bidang kesehatan (puskesmas dan lain sebagainya) sehingga agenda-agenda yang menyangkut kesehatan bisa dikomunikasikan, dikoordinasikan dan dilaksanakan dengan baik. Sementara ini, kegiatan kemitraan yang sudah berjalan seperti Posbindu Remaja, Aksi Donor Darah, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja, dan vaksinasi supaya lebih dimaksimalkan, imbuhnya.

Drs. Edy Wahyu juga menyampaikan “Kegiatan PMR ini pada dasarnya lebih pada kegiatan pengabdian, oleh karena itu, melalui kesempatan ini sungguh kami sangat berharap, agar jiwa-jiwa pengabdian sesuai 7 (tujuh) Prinsip PMR dan Tribakti PMR betul-betul bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari”. Bahkan 7 Prinsip PMR dan Tribakti PMR itu berlaku lintas negara, lintas golongan dan lintas pelajar. Lebih lanjut dikatakan “Jika menjumpai bencana alam atau semacamnya, kita musti terpanggil untuk bisa membantu warga sesuai dengan prinsip2 yang bisa diamalkan”.  Sambutan diakhiri dengan pesan agar Asbin dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Selain itu, pertimbangan dasar keselamatan dalam kegiatan menjadi faktor yang paling utama, pungkasnya. Selanjutnya, pelantikan dan kegiatan dibuka secara simbolis dengan penyematan tanda peserta kepada calon Asbin.

Mengenai 7 (tujuh) Prinsip PMR yang dipegang teguh oleh Asbin adalah meliputi Kemanusiaan (Humanity), Kesamaan (Impartiality), Kenetralan (Neutrality), Kemandirian (independence), Kesukarelaan (Voluntary Service), Kesatuan (Unity), dan Kesemestaan (Universality). Adapun Tribakti PMR adalah (1) Berbakti pada masyarakat, (2) Mempertinggi keterampilan dan memelihara kebersihan dan kesehatan, (3) mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Usai apel, para calon Asbin mendapatkan pemantapan materi lapangan dan ke-PMR  an, serta administrasi pengelolaan UKS. Kegiatan pemantapan materi disampaikan oleh Sulfan Hadi Muttaqin, S.Pd., selaku pembina PMR. Acara semakin meriah dengan “ice breaking” yang dipandu oleh Asbin Angkatan 12. Tak hanya pemantapan materi, pentas seni kelompok, dan game pun digelar pada acara tersebut. Acara ini, akan berlanjut dengan Kegiatan Penerimaan Anggota PMR Abdi Wiratama yang akan digelar Sabtu depan. (Red_TIM IT SMANJA)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru