Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL KELAS BESAR SMANJA MENGGANDENG GANESHA OPERATION

Terbit : Kamis, 15 September 2022 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan / Kegiatan Sekolah

(Kamis, 15 September 2022) Guna memfasilitasi semua anak kelas XII IPA dan IPS terkait kelanjutan studi, layanan Bimbingan dan Konseling (layanan BK) SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan layanan klasikal kelas besar dengan mengangkat tema TRANSFORMASI DAN STRATEGI LULUS PTN FAVORITE 2023 pada hari Rabu, 14 September 2022 pukul 10.00 sampai dengan 11.00 WIB dengan menggandeng pihak yang kompeten di bidangnya yaitu Ganesha Operation (GO) dan Ibu Wuri Vebriyanti Karayon dari GO Purworejo sebagai narasumber.

Tema tersebut diambil dalam rangka menyikapi adanya perubahan sistem jalur masuk PTN 2023 dan transformasi perubahan kebijakan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi/LTMPT. Selain membahas contoh-contoh soal UTBK TPS, pembagian hadiah menarik bagi siswa yang bisa mengerjakan contoh soal yang diberikan membangkitkan antusiasme dan sikap kooperatif para siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Materi penting terkait perubahan jalur masuk PTN yang berbeda dari tahun lalu yaitu:

  1. Seleksi jalur masuk tanpa tes/SNMPTN, perubahannya adalah: Nilai indek siswa ditentukan dari limapuluh persen rata-rata raport seluruh mapel dan lima puluh persen penggali bakat minat yang terdiri dari nilai dua mapel pendukung prodi yang diambil kemudian ditambah dengan poin prestasi baik akademik maupun nonakademik, serta portofolio bagi yang mengambil seni atau olah raga.
  2. Seleksi jalur masuk dengan tes/SBMPTN, perubahannya adalah: dalam UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) tidak ada lagi TPA (Tes Potensi Akademik) tetapi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, yaitu TPS (Tes Potensi Skolastis) yang lakukan untuk mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

“TPS seratus persen menjadi penentu UTBK yang mirisnya tidak ada dalam kurikulum di sekolah. Semoga setelah kegiatan ini anak-anak merasa paham dan semangat untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi”, pungkas Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Si, selaku koordinator layanan Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 1 Pejagoan. (Khusnul Khotimah/Tim Jurnalis Smanja)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru