Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Wujudkan Visi Sekolah Smanja “Teruji” SMAN 1 Pejagoan gandeng NHSC laksanakan Tes IQ

Terbit : Rabu, 14 Desember 2022 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Seperti diketahui bersama bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka telah diterapkan di sekolah mulai tahun pelajaran 2022/ 2023 ini dimulai kelas X atau yang lebih dikenal dengan istilah fase E.

Berbeda dengan kurikulum 2013, pada Kurikulum Merdeka ini mengedepankan pendidikan karakter dengan program projek penguatan profil pelajar pancasila serta menyediakaan ruang agar minat, bakat, dan kemampuan siswa dapat berkembang secara optimal melalui keleluasaan bagi siswa untuk memilih mata pelajaran yang diminati pada tahun ke-dua atau naik ke kelas XI (Fase F).

Dasar pertimbangan dalam menentukan mata pelajaran pilihan yaitu minat siswa, rekomendasi guru mata pelajaran berdasarkan nilai akademik pada fase E serta hasil tes IQ. Pilihan mata pelajaran yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki, diharapkan dapat membantu siswa menjadi pribadi yang berkarakter dan unggul dalam mengoptimalkan potensi diri yang dimiliki. Hal ini selaras dengan Visi Sekolah yaitu “SMANJA TERUJI”. Oleh karena itu, dalam rangka memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi dan menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kemampuannya, SMA N 1 Pejagoan bekerja sama dengan sebuah lembaga profesional NHSC.

NHSC merupakan salah satu Lembaga bimbingan unggulan di Kabupaten Kebumen yang fokus dalam dunia pendidikan. Bersama dengan NHSC, Sekolah mengadakan Tes IQ bagi Siswa kelas X yang telah dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Desember 2022, bertempat di Aula SMAN 1 Pejagoan. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 – 10.00 WIB ini di ikuti oleh seluruh siswa kelas X. Kegiatan dipandu langsung oleh Bapak Hendri Unduh N., M. Pd, C.NNLP, C.STMI selaku Trainer dan Educator sekaligus Direktur NHSC.

Pemanfaatan system digital dalam pelaksanaan Tes IQ melalui Platform Griya Belajar yang merupakan salah satu pengembangan lembaga NHSC memungkinkan siswa mengetahui hasil tes IQ secara langsung, dan mendapatkan Sertifikat dari NHSC selaku penyelenggara. Selain itu, siswa juga berkesempatan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki, serta rekomendari arah karir yang sesuai dengan kemampuannya sehingga diharapkan siswa dapat menyusun strategi belajar dan alternative solusi dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah pelaksaan tes IQ selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pemanfaatan Platform Griya Belajar bagi Bapak/ Ibu Guru SMAN 1 Pejagoan guna memberikan rekomendasi mata pelajaran pilihan kepada siswa didiknya. Manfaat kerja sama ini tidak hanya bagi kelas X, namun juga dapat dirasakan bagi siswa kelas XII. Sekolah berupaya untuk membekali siswa melalui program try out guna persiapan dini dalam menghadapi SNBT. SMAN 1 Pejagoan, dibawah kepemimpinan Ibu Erna Umu Nurlaela, S. Pd., M. Eng senantiasa bersinergi dengan berbagai pihak yang semua itu dilaksanakan dengan optimal sebagai upaya demi terwujudnya siswa yang berkarakter, unggul dan memiliki jiwa wirausaha (SMANJA Teruji)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar