Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Rabu Seru Bersama “Panggung TTS”

Terbit : Rabu, 25 Januari 2023 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan / Kegiatan Sekolah

Rabu, 25/1 SMA N 1 Pejagoan menggelar kegiatan pembiasaan budaya positif yang diberi nama “Geprek”. “Geprek” merupakan akronim dari Gerakan Pembiasaan Rabu Ekspresi Kita. Kegiatan ini merupakan program sekolah yang digawangi oleh Tim Kesiswaan dan OSIS, yang mana setiap hari Rabu diagendakan  kegiatan pembiasaan yang berbeda-beda. Program Geprek ini meliputi Gerakan Rabu Ringkas dan Resik (minggu pertama), Gerakan Rabu Sehat (minggu kedua), Gerakan Rabu Gizi dengan “Sabar” atau Sarapan Bareng (minggu ketiga) dan Panggung Tidak Takut Salah/Panggung TTS (minggu keempat). Selain untuk pembiasaan budaya positif kepada siswa, “Geprek”  juga ditujukan sebagai wadah untuk menggali bakat siswa SMA N 1 Pejagoan.

Pada Rabu minggu terakhir bulan Januari ini, “Geprek” diwujudkan dalam gelaran Panggung Tidak Takut Salah (Panggung TTS). Panggung TTS ini merupakan ajang untuk menampilkan bakat, talenta dan kreatifitas siswa. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk melatih keberanian siswa untuk tampil di panggung terbuka dan sekaligus menumbuhkan atau bahkan memupuk rasa percaya diri. Kegiatan ini merupakan hal baru dan pertama kali diadakan di SMA N 1 Pejagoan. Siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan yang berpusat di lapangan SMA N 1 Pejagoan. Zaldy Tri Kristanto selaku ketua OSIS menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan wadah kepada siswa untuk bisa berekspresi tanpa takut salah. Program TTS ini diharapkan terus dilaksanakan untuk memunculkan bakat terpendam yang dimiliki oleh siswa SMA N 1 Pejagoan, imbuhnya.

Kegiatan TTS berlangsung selama 50 menit, dari pukul 07.00 sampai dengan 07.50 WIB. Ada lima kelas yang perform dalam program TTS minggu ini dengan berbagai macam variasi tampilan.  Band dan Dance Morsal dari Kelas XII IPS 5, berhasil membuka Panggung TTS dengan meriah. Disusul penampilan dari kelas XII IPS 4 yang membawakan musik akustik dengan solo vokal. Suasana semakin “pecah” dengan perform Dance Remix kelas XII IPA 1 yang sangat memukau penonton. Disambung dengan alunan band persembahan dari siswa-siswa berbakat kelas XII IPS 3, suasanapun semakin seru. Panggng TTS diakhiri dengan sedikit kejutan dari Kelas XII IPS 1  kepada wali kelasnya yang sedang ulang tahun setelah lagu duet selesai dilantunkan.

Meskipun cuaca mendung dan sempat gerimis, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa untuk menyaksikan Panggung TTS. Elin Marlina, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan menyampaikan bahwa “Melalui Program Geprek diharapkan dapat menjadi suatu pembelajaran, tempat berproses, wadah untuk berekspresi, dan menumbuhkan semangat untuk menggali serta mengembangkan potensi siswa-siswi SMA Negeri 1 Pejagoan yang berkarakter kuat, mandiri, percaya diri dan merdeka”. Selain itu, dengan memahami talenta dan bakat, dapat  membantu siswa-siswi untuk menemukan aktivitas atau kegiatan belajar yang disenangi. Dengan begitu mereka dapat menjalani hidup dengan rasa bahagia dan terus produktif, sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, kepala SMA N 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd.,M.Eng. mengatakan bahwa “Panggung TTS merupakan wahana penyaluran bakat yang terpendam dari siswa siswi sehingga mereka lebih berekspresi mewujudkan sekolah yang menyenangkan. Karena dengan perasaan bahagia  dan senang akan meningkatkan semangat gapai mimpi tuk masa depan. Salah bukan hal yang harus dihindari, semua orang bisa membuat kesalahan, tapi hanya orang bijak yang belajar dari kesalahan. Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan, tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru