Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SOSIALISASI SEKOLAH SEHAT SMANJA

Terbit : Selasa, 14 Februari 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Selasa, 14 Februari 2023 SMA N 1 Pejagoan mengadakan kegiatan sosialisasi sekolah sehat. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru dan karyawan, OSIS, PMR serta pengelola kantin. Kepala Puskesmas Pejagoan, dr Timbul Pranoto, M.Sc dan Sanitarian, Maya Triana Putri, S.Tr Ker, selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan sekolah yang ramah bagi kesehatan warga  Smanja.

Maya Triana Putri, S.Tr Ker selaku narasumber menyampaikan bahwa menjaga keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi. Lebih lanjut dijelaskan bahwa keamanan pangan merupakan upaya untuk mencegah pangan dari pencemaran unsur yang dapat membahayakan tubuh. Dalam penjelasannya beliau berpesan kepada seluruh siswa agar membeli makanan yang tertutup untuk menghindari pencemaran. Beliau juga berpesan kepada pengelola kantin agar selalu menutup dagangan serta selalu menjaga kebersihan diri dan dagangan, selain itu juga tidak menggunakan bahan makanan yang membahayakan tubuh.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, dr Timbul Pranoto, M.Sc. menyampaikan bahwa kasus anemia yang banyak dialami oleh siswa Smanja merupakan dampak dari pola makan dan jajan yang kurang sehat. Seyogyanya kantin yang merupakan tempat “idola” bagi siswa harus diperhatikan betul baik dari kebersihan tempatnya, sirkulasi udara, cara penyajian serta pemilihan jenis makanannya. Beliau juga mengajak kepada pengelola untuk menciptakan kantin yang sehat, demi meningkatkan kualitas layanan kantin di SMA N 1 Pejagoan.

Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. selaku kepala SMA N 1 Pejagoan meminta kerjasama kepada pengelola kantin, untuk mewujudkan kantin sehat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sekolah sehat dapat diwujudkan dengan kerjasama dan dukungan yang baik dari seluruh stakeholder terkait. Harapannya apa yang di rekomendasikan oleh Puskesmas Pejagoan dapat dilaksanakan secepatnya, agar tercipta kantin sehat. Beliau juga berpesan kepada siswa untuk membawa bekal yang sehat dari rumah guna meminimalisasi siswa terkena anemia.

Sosialisasi ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen dan kesepakatan bersama antara pengelola kantin dan pihak SMA N 1 Pejagoan berdasarkan rekomendasi pihak puskesmas. Kesepakatan tersebut mencakup poin-poin berikut:

  1. Pengelola kantin bersedia menaati peraturan Kerjasama sewa yang sudah disepakati dengan sekolah.
  2. Pengelola kantin menyediakan makanan yang baik dikonsumsi peserta didik dan seluruh warga sekolah.
  3. Pengelola kantin bersedia menjaga keamanan saluran listrik serta menggunakanya dengan hemat.
  4. Pengelola kantin bersedia menjaga ketertiban dan situasi yang kondusif untuk mendukung pembelajaran.
  5.  Pengelola kantin bersedia menjaga kebersihan sekolah.
    (Red)
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar