Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ASESMEN DIAGNOSTIK NONKOGNITIF BAGI PESERTA DIDIK BARU

Terbit : Kamis, 27 Juli 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Pada hari Senin, 24 Juli 2023, Layanan Bimbingan Konseling SMA N 1 Pejagoan kembali mengadakan kegiatan layanan klasikal kelas besar, dengan peserta seluruh kelas X tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 360 siswa. Kegiatan ini dilakukan di aula mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB dengan tema Layanan Sosialisasi Program Layanan BK dan Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Asesmen Diagnotik Nonkognitif.

Kegiatan layanan ini bertujuan mengenalkan kepada peserta didik baru terkait program-program layanan yang ada selama tahun ajaran berjalan. Di sini, layanan bimbingan dan konseling juga mengenalkan semua tim yang ada serta kelas binaan yang diampunya.

Selanjutnya, layanan bimbingan dan konseling juga mengenalkan teknik-teknik layanan serta jenis-jenis layanan yang bisa peserta didik manfaatkan untuk kelancaran selama mereka menempuh pendidikan di SMA N 1 Pejagoan. Dalam hal ini juga secara langsung akan dikenalkan salah satu program layanan bimbingan dan konseling untuk kelas X yaitu program layanan asesmen diagnostik nonkognitif.

Penjelasan teknis pelaksanaan asesmen diagnostik nonkognitif dilakukan dengan mendatangkan narasumbernya langsung dari pihak lembaga dalam hal ini NHSC. Tujuan dari layanan asesmen diagnostik nonkognitif ini adalah memberikan kemudahan kepada guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran yang berdiferensiasi, karena hasilnya nanti mencangkup bakat minat, IQ, gaya belajar dan lainnya dan juga sebagai modal awal layanan bimbingan dan konseling untuk menganalisis kemampuan dan bakat minat peserta didik.

Hasil dari pelaksanaan asesmen diagnostik ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam pelayanan dan persiapan analisis potensi dalam pemilihan mapel pada kenaikan kelas XI nantinya.  Namun, yang paling utama justru untuk peserta didik itu sendiri agar mengetahui dan memahami bakat dan minat serta kemampuan penalarannya sendiri agar bisa lebih optimal. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru