Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SOSIALISASI PEMILIHAN MAPEL PILIHAN DAN KEGIATAN PARENTING BAGI WALI SISWA KELAS X

Terbit : Jumat, 17 Februari 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memilih mata pelajaran. Ketentuan dalam kurikulum tersebut mewajibkan semua mata pelajaran untuk dipelajari oleh siswa, namun nantinya ketika naik ke kelas XI siswa akan memilih mata pelajaran sesuai bakat dan minat.

Menindaklanjuti kebijakan kurikulum terbaru, SMA Negeri 1 Pejagoan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemilihan mata pelajaran pilihan bagi siswa dan kegiatan parenting bagi wali siswa kelas X pada hari Rabu, 15 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan di kelas XI nanti.

Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Pejagaoan, Erna Umu Nurlalela, S.Pd, M.Eng, menghimbau  agar wali siswa bisa lebih terbuka dan bisa diajak kerja sama oleh pihak sekolah guna terus mendukung dan memberi semangat terhadap anak-anaknya. Orang tua/wali jangan sampai melemahkan keingingan dan semangat anak-anak.

Selanjutnya, wakil kepala sekolah bidang kurikulum Titi Nurhadiyatun, S.Pd., mengatakan bahwa siswa harus mulai menentukan arah masa depannya. Hal itu berkaitan erat dengan pemilihan mapel yang akan di ambil di kelas XI. Beliau juga menyampaikan bahwa ada lima paket mata pelajaran yang dapat dipilih oleh siswa. Pemilihan paket mapel tersebut didasarkan atas bakat dan minat siswa, serta nilai mata pelajaran sebagai bahan pertimbangan.

Hal senada disampaikan oleh Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Si., selaku koordinator Bimbingan Konseling (BK). Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa prinsip pemilihan mata pelajaran pilihan mencakup tiga aspek yakni, minat, bakat dan kemampuan siswa. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa tim BK selanjutnya akan melakukan pendampingan kepada siswa mengenai profil mata pelajaran, kaitannya dengan jalur masuk perguruan tinggi, serta prospek di dunia kerja.

Sosialisasi juga diisi dengan pemaparan program kesiswaan yang disampaikan oleh Elin Marlina, S.Pd, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan tentang program-program sekolah di antaranya upacara bendera, ekstrakurikuler, Gerakan Rabu Ekspresi (Geprek) dan masih banyak progam lain.

Kegiatan sosialisasi dimantapkan dengan penyampaian parenting untuk orang tua/wali siswa kelas X oleh Hendri Unduh N, M.Pd., C.STMI, C.NNLP dari lembaga bimbingan belajar NHSC selaku narasumber. Beliau mengatakan bahwa keluarga merupakan landasan bagi perkembangan kepribadian dan tingkah laku anak. Proses interaksi yang diterima akan dijadikan dasar anak untuk berinteraksi di luar rumah, oleh karena itu peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak sangat penting untuk menumbuhkan karakter positif. Beliau juga menambahkan, bagi orang tua yang menginginkan anaknya sukses, jangan lupa untuk selalu mendoakan anak. Karena kunci sukses salah satunya adalah datang dari doa orang tua.(Red)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar