Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Sehat dengan Tanaman Herbal

Terbit : Senin, 13 Maret 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pemanfaatan Lingkungan Hidup (LPPLH) dari Salatiga, Jawa Tengah, SMA N 1 Pejagoan mengadakan kegiatan penyuluhan pemanfaatan tanaman herbal/lingkungan hidup pada hari Senin, 13 Maret 2023. Kegiatan yang bertempat di Aula SMA N 1 Pejagoan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X.

Mewakili kepala SMA N 1 Pejagoan membuka acara tersebut, wakil kepala sekolah bidang humas, Heny Puryanto, S.Sos menyampaikan, “Tanaman yang ada di sekitar kita dapat menjadi obat untuk segala jenis penyakit, namun pengetahuan kita masih terbatas sehingga kita kurang memanfaatkan tanaman yang ada dan lebih mengandalkan penggunaan obat kimia.”

Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Tidak kurang dari 72.800 spesies tumbuhan ada di hutan tropis Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 9.600 spesies diketahui memiliki khasiat obat. Sayangnya belum semuanya dimanfaatkan untuk pengobatan. Padahal, pengembangan obat herbal dalam negeri ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat kimia,

Narasumber, A. Fajariyanto menyampaikan, “Indonesia merupakan negara terkaya akan tanaman obat di dunia dan menempati urutan nomor satu. Namun ironisnya, banyak warga Indonesia yang tidak mampu berobat, hal ini dikarenakan masyarakat memiliki mindset bahwa mereka harus langsung berobat dengan obat-obatan jenis kimia. Padahal dengan mengonsumsi obat kimia akan membawa efek samping.  Oleh sebab itu, untuk mengurangi ketergantungan pada obat kimia, kita perlu memanfaatkan obat herbal yang banyak ditemukan di lingkungan.”

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa stroke menempati urutan pertama penyakit yang diderita oleh masyarakat Indonesia, diabetes melitus menempati urutan kedua. Faktanya bahwa kedua penyakit tersebut dapat diobati dengan tanamanan herbal yang ada di sekitar kita.

Penyakit stroke dapat diobati dengan bunga stroke yang memiliki ciri-ciri daun berwarna ungu jika masih muda, dan tinggi tanaman bunga stroke kurang lebih satu meter. Untuk pengobatan diabetes melitus adalah dengan tanaman sirih air. Tanaman ini sangat banyak ditemukan di lingkungan kita. Penyakit mata juga dapat disembuhkan tanpa operasi dengan menggunakan tanaman bunga katarak. Selain untuk pengobatan penyakit, obat herbal juga bisa digunakan untuk kecantikan wajah, seperti daun sirsak dan daun seledri yang bermanfaat untuk mengurangi sebum di wajah. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar