Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Sosialisasi Sekolah Aman dan Keselamatan Berlalu Lintas

Terbit : Rabu, 19 Juli 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Dalam rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di hari pertama, Senin 17 Juli 2023, peserta didik baru kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan mengikuti kegiatan Sosialisasi Sekolah Aman dan Keselamatan Berlalu Lintas dengan narasumber dari Satlantas Polres Kebumen. Kegiatan yang dilaksanakan di aula ini dimulai sekitar pukul 14.30 sampai dengan pukul 15.30 WIB.

Bertindak sebagai pembicara, Aiptu Musyakir didampingi oleh Aiptu Sasongko selaku Kanit Kamsel Satlantas Polres Kebumen, Bripka Wahyudi Wibowo dan Aiptu Syinta serta dua anggota polisi Satlantas Polres Kebumen sebagai Kamerawan dan Perlengkapan. Beliau menjelaskan dengan sangat gamblang dan bahasan yang menarik sehingga peserta mengikuti dengan antusias.

Berdasarkan data, dijelaskan bahwa angka kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Di kabupaten Kebumen, rata-rata sekitar 90 – 100 kejadiaan tiap bulan dengan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas sekitar 10 sampai dengan 15 orang per bulan. Dengan latar belakang tersebut, dalam berkendara sudah seharusnya merujuk pada Rencana Umum Nasional Keselamatan Tahun 2011-2025 yang meliputi 1) Manajemen  Keselamatan Jalan, 2) Jalan Berkeselamatan, 3) Kendaraan Berkeselamatan, 4) Manusia/Pengguna Jalan Berkeselamatan dan 5) Respon terhadap/setelah Kejadian Kecelakaan.

Dari kondisi 5 poin tersebut dan alasan yang dapat dimaklumi karena tidak terjangkaunya kendaraan Umum menuju sekolah, Aiptu Musyakir memberi kesempatan dan mengingatkan kepada Peserta didik untuk dapat berkendara sendiri menggunkan sepeda motor ke sekolah dengan catatan tidak melakukan pelanggaran kasat mata. Yang dimaksud pelanggaran kasat mata yaitu tidak melanggar ketertiban berlalu lintas yang terlihat langsung, sebagai contoh, tidak memakai helm, menerobos lampu merah, sepeda motor tidak lengkap dan lainnya.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Aiptu Musyakir juga menegaskan pentingnya penggunaan helm sebagai pelindung kepala bagi pengendara sepeda motor di mana pun. Hal ini karena kecelakaan bisa menimpa siapa saja dan di mana saja, baik di desa, perkotaan bahkan di daerah pegunungan sekalipun.

Selanjutnya, Bripka Wahyudi mengenalkan langkah-langkah sebelum berkendara dengan 3 persiapan yaitu Siap Diri, Siap Kendaraan dan Siap mematuhi Peraturan Lalu lintas. Tujuannya tentu saja agar aman dan selamat berkendara.

Terakhir yang tak kalah penting, peserta didik dikenalkan cara menyeberang jalan yang padat dan ramai dengan diberikan contoh serta arahan langsung. Kegiatan ini dilakukan dengan demonstrasi praktek cara menyeberang di depan gerbang jalan menuju sekolah yang berlokasi di Pertigaan Golongan oleh empat peserta sosilaisasi yaitu Muh Nur Halim, Hasnaa Ababil, Kuat Setiawan dan Aliya.

Semoga dengan adanya kegiatan Sosialisasi Sekolah Aman dan Keselamatan Berlalu Lintas di SMA Negeri 1 Pejagoan ini akan semakin menambah wawasan peserta didik tentang seputar lalu lintas dan keamanan berkendara. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru