Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

PRESTASI TANPA BULLYINNG

Terbit : Senin, 13 Maret 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – SMA Negeri 1 Pejagoan menyelenggarakan kegiatan literasi peserta didik kelas XI dengan mengusung tema Prestasi Tanpa Bullying Munculkan Generasi yang Berdaya Saing pada hari Jumat, 10 Maret 2023 di Aula SMA Negeri 1 Pejagoan. Kegiatan diikuti oleh siswa dan guru kelas XI dengan narasumber Teraika S. Sulastri, S.Psi, mahasiswa Magister Profesi Psikologi UMS, dan Marlina Indrianingrum, S.KM., M.Kes, Kepala Bidang Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen.

Teraika S. Sulastri, S.Psi, mengupas bullying dari sisi kekerasan pada remaja dan fenomena Love Bombing yang sering terjadiFenomena ini merupakan taktik yang digunakan orang untuk memanipulatif. Selain itu, remaja juga bisa terjebak pada hubungan abusive dengan perbuatan negatif seperti merendahkan, menghina, dan lain-lain karena ketimpangan kuasa dan/atau gender. Tak hanya materi, game menarik pun disajikan pada sesi pertama.

Sesi berikutnya diisi oleh Marlina Indrianingrum, S.KM., M.Kes dengan materi Stop Kekerasan pada Anak. Materi ini sangat menarik bagi siswa karena berkaitan dengan kekerasan seksual pada anak dan remaja. Fenomena saat ini menunjukkan banyaknya kasus kekerasan yang menimpa anak dan remaja dengan pelaku kekerasan orang dekat korban. Pada sesi ini, siswa diberi edukasi tentang bagian tubuh yang tidak boleh dipegang oleh orang lain termasuk oleh orang yang paling dekat dalam keluarga. Siswa juga belajar cara melawan jika mengalami kekerasan.

Atas pertanyaan siswa tentang bagaimana perlindungan terhadap korban jika mengalami kekerasan seksual, Marlina menjawab agar anak-anak jangan takut untuk melaporkan diri. Beliau meyakinkan bahwa korban kekerasan seksual akan mendapatkan perlindungan dan bantuan hukum secara gratis. Pembagian doorprize dan foto bersama menjadi penutup kegiatan yang meninggalkan kesan mendalam bagi para siswa.(Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar