Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TP 2023/2024

Terbit : Kamis, 27 Juli 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Dalam rangka memperkenalkan peserta didik baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah, SMA Negeri 1 Pejagoan melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024 selama tiga hari, 17, 18 dan 20 Juli 2023. Kegiatan ini diawali dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta yang diwakili oleh Ilham Bintang Ramadan Kelas X.H dan Ahnaf Lauda Padantya Kelas X.G, dan kemudian langsung diikuti oleh seluruh peserta yang lain.

Kegiatan MPLS dimaksudkan bukan hanya pengenalan antar peserta didik baru atau dengan kakak kelas serta guru saja, namun juga pada komponen lainnya, seperti program sekolah, sarana prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan yang dikemas dalam berbagai kegiatan yang menarik agar peserta didik mengikuti dengan gembira. Tentu saja dengan  tetap mengedepankan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan Tema MPLS  tahun ini,  “Bangga dan Bergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”.

Dalam upacara pembukaan, Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd.M.Eng selaku Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan sekaligus bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan ucapan selamat datang dan “selamat” atas keberhasilan peserta didik melalui seleksi PPDB yang ketat hingga akhirnya terpilih menjadi peserta didik baru kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan. Harapan beliau, peserta didik dapat mengikuti kegiatan MPLS dengan bahagia.

Selesai upacara, peserta diarahkan ke aula untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS sesuai jadwal yang sudah disusun. Kegiatan di hari pertama di antaranya yaitu welcome to smanja, sosialisasi gaya hidup sehat, pengenalan diri dan lingkungan, ibadah, sosilalisasi sekolah aman dan keselamatan berlalu lintas dan diakhiri dengan Refeksi Hari ke-1 yang dipandu oleh wali kelas masing-masing.

Memasuki hari kedua, Selasa, 18 Juli 2023, rangkaian kegiatan MPLS yang harus dilaksanakan yaitu apel pagi, kegiatan kesadaran berbangsa dan bernegara serta praktek baris berbaris, wawasan wiyata mandala, sosialisasi budaya positif dan program sekolah, pendidikan karakter dan tata krama peserta didik, pengenalan kurikulum, istirahat, ibadah, pengenalan duta pelajar, demonstrasi ekstrakurikuler dan diakhiri refleksi.

Apel hari kedua dilaksanakan bersama bapak/ibu guru dan karyawan dengan pembina apel, Ibu Elin Marlina, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan di lapangan sekolah. Dalam amanatnya, beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tinggianya atas kehadiran peserta apel pagi kelas X yang datang tepat waktu dan juga menjelaskan agenda kegiatan MPLS pada hari itu.

Kegiatan selanjutnya yaitu penanaman kesadaran berbangsa dan bernegara serta praktek baris berbaris yang didampingi oleh Serma Lusiman dan Sertu Sugiyanto dari Koramil Pejagoan. Dalam kegiatan ini Peserta didik diberi penguatan tentang rasa nasionalisme dan patriotisme dan dibekali dengan latihan baris berbaris sesuai aturan untuk bekal mereka ke depannya.

Setelah istirahat, peserta didik diarahkan ke aula untuk menerima materi dari Ibu Elin Marlina, S.Pd. Beliau menyampaikan materi tentang wawasan wiyata mandala dan menyosialisasikan kegiatan-kegiatan di sekolah termasuk pembiasaan budaya positif yang saat ini berjalan seperti upacara bendera, Geprek (Gerakan Rabu Ekspresi Kita) dengan beberapa kegiatan di antaranya 5R (Ringkas, Resik, Rapi, Rawat dan Rajin), Rabu sehat (jalan sehat dan senam), Rabu sabar (sarapan bareng) , panggung TTS (Tidak Takut Salah) dan pembiasan positif  lainnya meliputi  Sat-set  (sarapan sehat setiap hari), Get it Smart (Gerakan Literasi Digital Realisasikan Mimpi) dan Juz Tomat (Jum’at Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Taqwa). Selanjutnya, di sela waktu istirahat sebelum acara berikutnya, Sani Pahlevi kelas X.F menampilkan bakat menyanyi yang disambut  nyanyian bersama peserta lain.

Materi MPLS berikutnya yaitu sosialisasi pendidikan karakter dan tata krama yang disampaikan Bapak Hendri Unduh, M. Pd, NNLP, C. STMI. Kegiatan ini membekali peserta didik agar memiliki akhlak atau karakter yang baik.

Jadwal selanjutnya yaitu sosialisasi pengenalan kurikulum pendidikan, kurikulum merdeka, dan profil pelajar Pancasila oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Ibu Titi Nurhadiyatun, S.Pd. Beliau memaparkan tentang kurikulum merdeka dan perbedaan kurikulum merdeka dengan kurikulum sebelum-sebelumnya. Selain itu, disampaikan pula tentang struktur kurikulum dan pemilihan mapel sesuai dengan bakat dan  minat serta kegiatan literasi.

Menjelang siang, acara MPLS diisi dengan kegiatan pengenalan duta pelajar yang terdiri dari Hasan Al Syukron kelas XII IPA 3 sebagai Duta Literasi, Rizky Setiawan Kelas XII IPA 1 sebagai Duta Pelajar Anti Narkoba, serta Dimas Rizky Rayhansyah kelas XII IPA 1 dan Arya Dwi Prasetyo kelas XII IPA 4 sebagai Duta Pelajar Peduli HIV/AIDS.

Kegiatan selanjutnya yang sangat menyedot atensi peserta MPLS yaitu demontrasi program ekstrakurikuler.  Penampilan perdana diawali oleh ekstra rohis berupa ceramah tentang himbauan utuk tidak berpacaran,  lalu english conversation menampilkan pidato berbahasa Inggris (speech) dengan lancar hingga memantik peserta MPLS untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris, kemudian presentasi kegiatan ekstrakurikuler KWU, demo ekstrakurikuler seni, kepramukaan tentang penyelamatan dan penanganan kebakaran dari aula menuju ke lapangan, demo PMR melalui drama, dan terakhir praktik dari tontama.

Pengenalan ekstrakurikuler yang dilakukan dengan tampilan langsung ini diharapkan akan membuat peserta didik baru memiliki gambaran kegiatan ekstrakurikuler yang akan mereka ikuti. Sama seperti hari pertama, kegiatan MPLS di hari kedua juga ditutup dengan kegiatan refleksi bersama wali kelas masing-masing.

Di hari terakhir, Kamis 20 Juli 2023, kegiatan MPLS masih dilaksanakan dengan penuh semangat dan jadwal yang padat. Kegiatan diawali dengan apel pagi yang kemudian dilanjutkan dengan jelajah lingkungan sekitar sekolah, demontrasi ekstrakurikuler (lanjutan), fun gameSmanja Got Talent, membangun kesepakaatan yang menyenangkan, refleksi dan apel penutupan.

Apel pagi di hari ketiga diisi dengan penjelasan agenda kegiatan oleh panitia. Selanjutnya, jelajah lingkungan sekitar sekolah dengan tujuan mengenalkan lingkungan sekitar termasuk tempat ibadah. Setelah beristirahat, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi ekstrakurikuler yang diisi dengan pertandingan persahabatan olahraga dengan maksud mengenalkan berbagai cabang olahraga di SMA Negeri 1 Pejagoan.

Antusiasme peserta didik mengikuti kegiatan MPLS di hari ketiga semakin pecah saat sesi fun game yang dilanjutkan dengan acara “Smanja Got Talent”. Dalam kegiatan ini, peserta didik dalam satu kelas wajib menampilkan empat talent seperti, menyanyi, menari, baca puisi, paduan suara, geguritan, story telling/bercerita dalam bahasa Inggris serta gerak dan lagu.

Kegiatan Smanja Got Talent dimaksudkan sebagai ajang pemetaan bakat peserta didik baru sekaligus mencari bibit-bibit baru yang nantinya akan diikutkan dalam berbagai kegiatan lomba. Juri yang terlibat dalam kegiatan ini  adalah, Ibu Sri Sunarsih, S.Pd, Ibu Afri Lismaya Sinta M, S.Pd dan Bapak Slamet Edi Sudrajat, S.Sn.

Berdasarkan seleksi terhadap 40 penampil dalam ajang Smanja Got Talent, dewan juri menetapkan 3 besar kejuaraan yaitu Eka Aulia Putri Kelas X.F sebagai juara 1, Sani Pahlevi Kelas X.F sebagai juara 2  dan Latifah Khorunisa Kelas X.A sebagai juara 3. Setelah refleksi hari ketiga, rangkaian kegiatan MPLS diakhiri dengan pemberian hadiah untuk pemenang dalam ajang Smanja Got Talent oleh Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan.

Guna efektivitas kegiatan, membangun kesepakatan kelas dan projek 5R yang dijadwalkan menutup kegiatan MPLS ditunda pelaksanaannya. Membangun kesepakatan kelas diserahkan pada wali kelas untuk memandu di kelas masing-masing, sedangkan projek 5R didampingi wali kelas melalui kegiatan outing class.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan MPLS, sangat diharapkan  peserta didik baru mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya: dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya serta terbangun interaksi positif antar peserta didik baru dan warga sekolah lainnya, memiliki wawasan yang cukup tentang sarana dan prasarana serta bagaimana penggunaannya secara optimal, berkembangnya kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual serta tumbuhnya perilaku positif peserta didik, seperti: kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman, memperkuat persatuan, meningkatkan kedisiplinan, membudayakan hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar