Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

KOMUNITAS PRAKTISI SESARENGAN KOORDINASI P5 FASE E

Terbit : Jumat, 22 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Dalam rangka koordinasi persiapan kegiatan P5 fase E, Komunitas Praktisi Sesarengan SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan pada hari Jumat, 22 September 2023. Berlokasi di aula SMA N 1 Pejagoan, kegiatan ini terlaksana mulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 16.00 WIB dengan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan tanpa terkecuali.

Mengawali kegiatan, Kepala Sekolah, Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd.,M. Eng dalam sambutannya mengingatkan pada guru dan karyawan tentang dedikasi sebagai pegawai serta pengisian E-kinerja TW 2. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Nasikin, S.STP, M. Kom bertepatan hari ini telah berakhir masa jabatannya sebagai Plt. Kacabdin wilayah IX. Pada akhir sambutannya, Kepala Sekolah memberikan informasi tentang link “WADUL YUNG” yang telah dibuat sekolah sebagai media bagi siswa untuk menuliskan perasaan mereka selama di sekolah. Kepala Sekolah juga berpesan kepada wali kelas untuk lebih peduli terhadap siswa perwaliannya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya kegiatan komunitas praktisi diisi kelas berbagi materi diklat penguatan guru dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik oleh Bapak Agung Kurniawan, S.TP yang pada tanggal 10-14 September 2023 telah mengikuti diklat di Room Inc Hotel, Semarang. Dalam materinya, dijelaskan maksud pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun anggota masyarakat. Untuk mewujudkannya perlu diterapkan pembelajaran yang berdifferensiasi. Alasannya karena setiap anak itu istimewa dan telah dibekali dengan  kemampuan, minat dan bakat yang unik dan luar biasa sejak lahir. Oleh karena itu setiap guru harus dapat memetakan dan menggunakan potensi tersebut guna meningkatkan potensi dan capaian pembelajaran peserta didik secara maksimal dan sesuai kodratnya.

Setelah kelas berbagi dari bapak Agung Kurniawan, S.T.P, kegiatan komunitas praktisi dilanjutkan dengan Koordinasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) fase E oleh ibu Titi Nurhadiyatun, S.Pd selaku Waka Kurikulum. Beliau memaparkan materi Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ke empat di fase E. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 pekan ini dimulai sejak tanggal 25 September sampai dengan tanggal 6 Oktober 2023. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan serangkaian aktivitas dalam P5 yang akan dilalui oleh peserta didik. Selain itu, dijelaskan juga bahwa kegiatan ini akan bekerja sama dengan KODIM dan Bapak Hendri Unduh N, M.Pd, C.STMI, C.NNLP (owner Lembaga NHSC).

Semoga dengan koordinasi yang solid, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Belajar Sesarengan dapat terus dijadikan sebagai ajang sharing pengetahuan baru demi kemajuan SMA Negeri 1 Pejagoan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru