Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

WORKSHOP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PROJEK KOLABORASI BERSAMA Prof. Dr. SUBYANTORO M.Hum

Terbit : Sabtu, 23 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Strategi proses belajar mengajar yang mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat dan preferensi belajarnya menuntut dunia pendidikan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa. Guna lebih memantapkan penerapan statregi tersebut, SMA Negeri 1 Pejagoan merencanakan untuk sekaligus menerapkan proyek kolaborasi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Sebagai narasumber dalam kegiatan  Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Proyek Kolaborasi, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. Rektor Universitas Ngudi Waluyo Semarang dan Guru Besar Psikolinguistik Universitas Negeri Semarang turut hadir dalam kegiatan pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Acara yang dilaksanakan di aula sekolah tersebut dibuka langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. Selanjutnya beliau memaparkan bahwa acara pada hari ini diselenggarakan berawal dari keluh kesah siswa yang merasa terlalu banyak PR dan tugas. Setiap guru pasti punya target dan capaian dalam proses pembelajaran, akan tetapi siswa juga memerlukan pembelajaran yang menyenangkan dalam melaksanakan target yang diberikan oleh guru agar dapat tercapai dengan baik. Belajar bersama Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. diharapkan bisa menghasilkan solusi dari permasalahan yang dialami oleh siswa tersebut.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. memberikan apresiasi kepada seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan yang melaksanakan workshop pada hari Sabtu. Beliau juga mengajak agar seluruh guru dan karyawan bisa membuat viral sekolah dalam hal yang positif. Sehingga dapat membuat Kepala Dinas Pendidikan tertarik datang ke SMA Negeri 1 Pejagoan.

Sesi pertama kegiatan workshop diisi dengan materi Pembelajaran Berdiferensiasi Projek Kolaborasi antar Mapel dan selanjutnya sesi kedua diisi dengan materi Implementasi Pembelajaran dan Penilaian Projek Kolaborasi Rumpun antar Mata Pelajaran. Sesi selanjutnya  diskusi dan tanya jawab yang lebih menekankan persiapan dan rencana kolaborasi antar mapel.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa untuk persiapan projek kolaborasi ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan yaitu tahap persiapan yang meliputi identifikasi kolaborasi dan pembuatan modul kolaborasi. Tahap yang kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi mendesain perencanaan projek, menyusun jadwal, monitoring kemajuan projek, penilaian, dan evaluasi. Sedangkan tahap terakhir yaitu tahap tindak lanjut yang meliputi pengembangan, perluasan, dan perbaikan.

Projek kolaborasi diharapkan menjadi solusi dari permasalahan yang siswa alami selama ini.  Pembelajaran akan jauh lebih ringan dan menyenangkan bagi siswa dan guru dapat lebih terbantu dalam ketercapaian pembelajaran sesuai yang direncakan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar