Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SIMULASI ANBK 2023 BAGI KELAS XI

Terbit : Rabu, 2 Agustus 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) bukanlah hal yang asing di dunia pendidikan. Program ini dirancang dan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek sebagai upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah sebagai pengganti Ujian Nasional yang telah ditiadakan sejak tahun 2021.

Sebagai upaya memperkenalkan dan memahamkan siswa mengenai bentuk-bentuk  soal yang ada dalam ANBK, SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan Simulasi ANBK 2023 pada hari Senin (31/7) dan Selasa (1/8). Kegiatan simulasi ini diikuti oleh 45 siswa yang mewakili keseluruhan siswa kelas XI. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan nantinya siswa akan familiar dengan segala instrument yang ada dalam ANBK dan sekaligus sebagai pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK nanti.

Simulasi ANBK kali ini dilaksanakan dalam satu sesi yang dimulai sejak pukul 07.30 sampai dengan 09.40 WIB. Secara umum kegiatan berjalan lancar meski terdapat kendala mati listrik di hari pertama dan gagal log in di hari kedua pelaksanaan. Namun, kendala-kendala tersebut segera dapat diatasi dan tidak mengurangi esensi pelaksanaan simulasi ANBK.

Pembagian jenis asesmen dalam pelaksanaan simulasi ANBK lalu disesuaikan dengan hari pelaksanaan simulasi. Di hari Senin (31/7) siswa dihadapkan pada jenis asesmen Literasi Membaca dan Survei Karakter. Literasi Membaca merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan bentuk- bentuk bahasa tertulis yang dibutuhkan oleh masyarakat dan/ atau dihargai oleh individu.  Sementara itu, Survei Karakter mengukur hasil belajar emosional yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila dimana pelajar Indonesia memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Di hari kedua, Selasa (1/8) siswa dikenalkan dengan Literasi Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar. Literasi Numerasi adalah kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan simbol dalam matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi aspek pendukung kualitas pembelajaran di suatu lingkungan sekolah.

Semoga simulasi ANBK ini dapat membekali siswa untuk pelaksanaan ANBK yang sesungguhnya nanti. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru