Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SMANJA GOES TO UNSOED PURWOKERTO

Terbit : Sabtu, 30 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Guna meningkatkan kompetensi guru dan karyawan, SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan workshop di Kampus FMIPA Unsoed Purwokerto. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 September 2023 ini bertajuk Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan, diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Pejagoan dan didampingi oleh komite sekolah. Workshop sehari bersama FMIPA Unsoed tersebut diselenggarakan di ruang rapat FMIPA mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Mengawali acara, Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena 65 guru dan karyawan dan didampingi oleh komite sekolah sudah diterima guna belajar bersama di kampus FMIPA. Beliau juga meminta maaf karena melaksanakan kunjungan di hari Sabtu yang merupakan hari libur. Selain itu disampaikan juga bahwa rombongan dari SMA Negeri 1 Pejagoan memposisikan diri sebagai mahasiswa yang siap belajar. Harapannya, dari waktu belajar yang singkat ini, banyak hal yang menginspirasi agar bisa diterapkan di sekolah nantinya.

Selanjutnya, Komite SMA Negeri 1 Pejagoan yang diwakili oleh Bapak Sriyanto, S.H., M.H., M.M mengungkapkan, “Kehormatan bagi kami bisa belajar bersama di Unsoed. Mohon bimbingan dan arahan karena kami masih kurang pengetahuan tentang teknologi. Sangatlah tepat acara hari ini mengusung tema Berekayasa dan Berteknologi dalam Membangun NKRI.”

Berikutnya, sebagai perwakilan dari FMIPA Unsoed, Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Wahyu Tri Cahyanto, S.Si., M.Si., Ph.D. menyampaikan sambutan selamat datang dan ungkapan bahwa FMIPA Unsoed siap bekerja sama dan melakukan pendampingan pada sekolah-sekolah di lingkungan Unsoed tak terkecuali SMA Negeri 1 Pejagoan. Di akhir acara pembukaan, acara ditutup dengan penandatanganan dan penyerahan MOu antara FMIPA Unsoed dengan SMA Negeri 1 Pejagoan.

Memasuki acara inti kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan, mengingat konten yang berbeda, peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu workshop bagi guru dan workshop bagi tenaga kependidikan.

Bagi guru, materi pengelolaan sampah/limbah padat non B3 disampaikan oleh Dr. Eva Vaulina Y.D, M.Si., dan materi pembangkit listrik tenaga surya. disampaikan oleh Wihantoro, M.Sc. dengan dibantu oleh 2 mahasiswa jurusan Fisika yang sedang menyusun skripsi tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dalam penelitiannya, Wihantoro, M.Sc mengklaim listrik tenaga surya bisa menghemat sekitar 30?ri penggunaan listrik PLN. Selain itu, listrik tenaga surya juga bebas polusi udara karena hanya mengubah energi Foton menjadi energi listrik. Pada kesempatan ini, Drs. Rokhmat Supriyadi, guru Fisika SMA Negeri 1 Pejagoan berkesempatan langsung praktik merakit listrik tenaga surya.

Dalam ruang yang berbeda, tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Pejagoan mendapat materi tentang pelayanan publik yang disampaikan oleh Latief Nur Muhammad, Kepala Tata Usaha FMIPA Unsoed.  Titik berat pemaparan difokuskan pada perawatan gedung, taman, dan sarana prasarana. Dalam paparannya, beliau memberi gambaran data yang diperlukan dalam pemeliharaan kebersihan taman dan sarana prasarana. Data yang harus dipersiapkan antara lain luas gedung, luas tanah, jumlah kamar mandi, upah minimum kabupaten, dan harga bahan habis pakai. Dari data tersebut dapat tersusun rencana dan anggaran yang dibutuhkan. Selain anggaran, juga bisa menentukan jumlah personil dan luas kapling setiap personil dalam merawat dan membersihkan gedung, taman, dan sarana prasarana di sekolah.

Kegiatan workshop dan MOu dengan FMIPA Unsoed Purwokerto memberi warna lain bagi guru dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Pejagoan. Semoga setelah kegiatan ini banyak inspirasi yang didapatkan guna diterapkan di SMA Negeri 1 Pejagoan demi kemajuan SMA Negeri 1 Pejagoan sehingga ke depannya bisa menjadi sekolah yang maju dan menginspirasi sekolah-sekolah yang lain. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru