Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

MAULID NABI, RASA BARU JUS TOMAT SMANJA

Terbit : Jumat, 6 Oktober 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Setiap hari Jumat, SMA Negeri 1 Pejagoan melaksanakan kegiatan pembiasaan baik Jus Tomat (Jumat Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Takwa). Kegiatan Jus Tomat biasanya diisi dengan kegiatan membaca Al Quran bagi yang muslim sedangkan bagi yang Kristen dan Katholik diadakan kegiatan pendalaman Al Kitab. Namun, pada hari Jumat, 6 Oktober 2023, Jus Tomat smanja menawarkan rasa dan suasana berbeda. Kali ini, bagi yang beragama Islam kegiatan Jus Tomat diisi dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad saw yang bertempat di lapangan, sedangkan yang Kristen dan Katholik melaksanakan kegiatan The Next Level Cristian Faith bersama Pendeta Sri Raharjo di ruang kelas XII IPA 5.

Acara Maulid Nabi Muhammad saw yang diisi oleh KH. Ahmad Abdul Haq Assaubary Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqiin Purworejo, mengusung tema “Rasululloh Sebagai Suri Tauladan Pergaulan Remaja”. Kegiatan ini mendasarkan pada ayat Al Qur’an yaitu QS. Al-Ahzab ayat 21 dan 56; “Sungguh telah ada dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu ….”, “Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat untuk nabi, wahai orang-orang beriman bershalawatlah kalian untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya”.

Guna menambah kemeriahan acara, pada saat pra acara diisi dengan penampilan grup Hadroh An Najjah putra dan putri yang dimulai pukul 06.45 WIB. Master of Ceremony (MC) dalam kegiatan ini dibawakan oleh Nasywa Nada Abiyah kelas XI.G dan Shinta Lailatul Azizah kelas X.A. Pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Meti Amal Rizky dari kelas XI.G dan Alzena Nuti Salsabila kelas X.A sebagai sari tilawah. Selanjutnya, pembacaan al barzanji oleh grup rohis Al Falah.

Dalam sambutannya Erna Umu Nurlaela S.Pd, M.Eng. selaku Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan berpesan kepada seluruh siswa untuk menghindari sifat 5M. Pertama, Malas. Karena sedang berjuang untuk sukses, para siswa tidak boleh bermalas-malasan. Yang ke dua, Malu. Maksudnya adalah malu pada tempatnya jangan malu-maluin tetapi harus berani tampil di depan orang banyak. Ke tiga, Minder. Jangan sampai kita mempunyai rasa minder, harus memiliki kepercayaan diri yang baik. Ke empat, Moody. Artinya, mood-moodan atau dong-dongan, belajar harus terus menerus dan tidak boleh dong-dongan, tidak boleh jika sedang mood saja. Dan sifat terakhir yang harus dihindari adalah Manja. Para siswa tidak boleh menjadi generasi manja yang bergantung pada orang lain, harus menjadi generasi yang mandiri untuk meraih kesuksesan.

Ibu Kepala Sekolah juga berharap sebagai umat Islam yang memiliki  iman, semua warga smanja harus menjadikan Nabi Muhammad saw sebagai uswatun khasanah atau suri tauladan, panutan, ataupun role model. Apa pun yang dilakukan oleh Kanjeng Nabi harus dijadikan sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam acara inti, Mau’dhoh Khasanah, KH. Ahmad Abdul Haq Assaubary. menyampaikan apresisasi kepada sekolah karena telah ikut merayakan Maulid Nabi Muhammad saw yang berarti penghuninya mencintai Rosululloh, “Barang siapa yang mencintai Rosululloh maka InsyaAllah akan mendapatkan syafa’atnya kelak di Yaumil Kiyamah”, ujarnya.

Selanjutnya, beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk mempunyai cita-cita yang tinggi. Hal penting lain bagi siswa yaitu keseriusan dalam mengejar cita-cita, menjadi sukses dan dapat membahagiakan serta bermanfaat bagi orang banyak. Sebagaimana salah satu ciri seorang muslim yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Setiap pemuda/pemudi harus memiliki cita-cita yang luar biasa, harus semangat melihat orang-orang sukses, mentalitas kita harus dibangun dan ditingkatkan.

Akhirnya, beliau berpesan, “Untuk mempermudah belajar perbanyaklah baca Al Qur’an, supaya mudah dalam belajar karena tidak ada virus-virus buruk yang menghalanginya. Kemudian cintai pelajaran tersebut dan sayangi semua guru serta kedua orang tua.”

Di akhir kegiatan, sebagai penutup, diadakan pemotongan tumpeng dalam rangka tasyakuran hari lahir grup hadrah An Najah ke-3, kemudian diakhiri dengan Mahalul Qiyam. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#samnajhebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar