Info Sekolah
Kamis, 25 Jul 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ADA PISSA DI SMANJA

Terbit : Sabtu, 7 Oktober 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Menyambut bulan Oktober, Pekan Inspirasi dan Apresiasi Siswa (PISSA) SMA Negeri 1 Pejagoan. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengisi agenda jeda tengah semester yang sudah direncanakan oleh kurikulum. PISSA sendiri merupakan rentetan delapan agenda kegiatan yang dilakukan oleh siswa/siswi serta guru/karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan selama kurun waktu empat hari terhitung dari tanggal 4 sampai dengan 7 Oktober 2023.

“Dalam kurikulum kita sebenarnya terdapat kegiatan tengah semester yang dalam KOSP kita harus diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan bakat dan minat siswa. Jadi bukan kegiatan tes atau tes formatif dan lainnya tapi kita gali bakat dan minat anak-anak kita. Oleh karena itu tercetuslah PISSA (Pekan Inspirasi dan Apresiasi Siswa) SMANJA. Di sini semua yang siswa punya ditampilkan,” ujar Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng., Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan.

PISSA diawali dengan kegiatan gerakan pembiasaan Rabu ekspresi kita, Panggung Tidak Takut Salah (Geprek Panggung TTS) pada hari Rabu (4/10), yang mengobati kerinduan para siswa untuk berekspresi dan menyalurkan bakat-bakat terpendamnya. Panggung TTS kali ini menampilkan kelas X.F, X.A, X.B, X.H, dan X.E yang menyuguhkan penampilan dengan apik dan menarik hingga membuat penonton terkesima.

Selanjutnya, di hari Kamis (5/10), digelar kegiatan Parenting dan Rasionalisasi PTN bagi wali murid/orang tua kelas X, XI, dan XII. Kegiatan parenting ini adalah kerja sama SMA Negeri 1 Pejagoan dengan Neutron Yogyakarta. Selain untuk mengsinergikan program sekolah, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga silaturahmi sekolah dengan perwalian siswa.

Berlanjut ke hari Jumat (6/10), diadakan kegiatan Jumat Semangat Tingkatkan Orientasi Iman dan Takwa (Jus Tomat) yang diwujudkan dalam kegiatan PHBI Maulid Nabi Muhammad saw bagi pemeluk Islam dan The Next Level Christian Faith, menggali Alkitab dari Kitab Wahyu 2-3 yang bertujuan untuk meningkatkan iman Kristen dengan tujuh pilar jemaat dewasa bagi pemeluk Nasrani Katolik-Protestan. Kegiatan Maulid Nabi saw kali ini menghadirkan K.H. Ahmad Haq Assaubary, pengasuh ponpes Sabilul Muttaqiin Purworejo, sebagai pembicara. Sementara itu, The Next Level Christian Faith akan dipandu oleh Pdt. Sri Raharjo, S.Pd.

Masih di hari yang sama, usai kegiatan Jus Tomat, kegiatan dilanjutkan dengan Proyek Kewirausahaan bagi kelas XII yang diwujudkan dalam praktik membuat aneka makanan tradisional Indonesia, kegiatan Pramuka Blok (Fun Game) bagi kelas XI yang dilakukan di lingkungan SMA Negeri 1 Pejagoan serta pembukaan Gelar Karya P5 yang berupa pemutaran film pendek hasil projek P5 bagi kelas X. Sebagai puncak kegiatan PISSA, pembukaan Gelar Karya P5 ini akan dilakukan oleh Ka. Cabdin Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd.,BI.

Dalam pembukaan Gelar Karya P5 ini ditampilkan film pendek dan pembacaan puisi karya peserta P5 serta mini galeri P5 berkolaborasi dengan mapel Seni Budaya. Agenda terakhir di hari Jumat yaitu kegiatan workshop Kesejahteraan Psikologi (Well-Being) Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan dengan narasumber Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd. BI.

Di akhir agenda PISSA, Sabtu (7/10) diadakan kegiatan bakti sosial bagi kelas XI. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Pramuka Blok yang dilakukan pada Jumat (6/10) siang. Dalam kegiatan ini nantinya akan disalurkan bantuan dari siswa-siswi kelas XI kepada panti asuhan, pondok pesantren, dan pihak yang pantas menerimanya. Selain itu, agenda lain yang digelar yaitu kegiatan puncak Gelar Karya P5 kelas X, yaitu Sinema Smanja yang merupakan ajang apresiasi siswa-siswi kelas XII, XI, dan juga X terhadap film-film pendek yang dihasilkan dari Projek P5 dengan tema “Bhineka Tunggal Ika”. Secara bergiliran tiap jenjang kelas akan diberi kesempatan untuk menyaksikan dan mengapresiasi film pendek yang telah dibuat oleh adik atau teman kelas mereka.

Sinergi serta kolaborasi yang apik dan kuat dari seluruh elemen sekolah menjadi kunci terlaksananya kegiatan PISSA ini. Dengan kebersamaan yang kuat dan hebat mewujudkan SMA Negeri 1 Pejagoan menjadi sekolah yang SESARENGAN dan TERUJI. Bersama-sama menuju pendidikan Indonesia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berbukti pekerti luhur.(Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar