Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

DISDUKCAPIL GANDENG SMANJA DIGITALISASI KTP

Terbit : Selasa, 19 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Guna memberikan layanan yang maksimal dalam pembuatan e-KTP, Disdukcapil Kab. Kebumen bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan rekam e-KTP dan pengubahan e-KTP menjadi KTP digital pada hari Rabu dan Kamis (6-7/12). Kegiatan yang bertempat di aula ini berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.  Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi yang sudah berumur 16 tahun dan juga guru karyawan yang ingin mengubah e-KTP menjadi KTP digital. Selama kegiatan ini berlangsung terjaring sebanyak 172 data perekaman e-KTP dan 46 data pengubahan e-KTP menjadi KTP digital.

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari program kerja Dukcapil yaitu program Ketapel-17 dan Penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan perekaman KTP merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan guna keperluan Pemutakhiran Data Pemilih (DPT) pada Pemilu 2024 nanti. Hasil perekaman tersebut selanjutnya akan dikonsolidasi dan diverifikasi untuk kemudian dijadikan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu yang biasa disingkat DP4. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wahana untuk pemenuhan target nasional mengenai capaian aktivasi IKD sebanyak 50 juta warga pada tahun 2023.

IKD atau yang umum dikenal dengan KTP digital merupakan bentuk integrasi e-KTP dengan KK, NPWP, KIS, DPT dan lainnya dalam sebuah aplikasi digital yang bisa diakses melalui smartphone.  Pembuatan KTP digital ini bisa dilakukan melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang bida di-download melalui Android. Sementara itu, untuk pengguna IOS masih belum tersedia. Adanya KTP digital ini memudahkan kita untuk melihat data kependudukan tanpa perlu melihat di kartu fisiknya. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar