Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

WORKSHOP PENULISAN BUKU POPULER UNTUK KELAS XI

Terbit : Selasa, 19 Desember 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Guna meningkatkan kemampuan literasi dan minat siswa dalam menulis, SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan workshop penulisan buku populer bagi kelas XI yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 13 dan 14 Desember 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di aula sekolah tersebut mengusung tema Harapan dan Cita-cita dengan menghadirkan 2 orang pembicara yaitu Cucu Suryanto, S.E. dan Drs. Setyo Budi. Workshop diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan didampingi oleh seluruh wali kelas. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari workshop kelas XII yang mengusung tema Kisah Klasik di Smanja yang telah dilaksankan pada hari Senin dan Selasa, tanggal 6 dan 7 Desember 2023.

Acara dibuka oleh kepala sekolah, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. Dalam sambutannya beliau berpesan agar para siswa tidak banyak berpikir untuk memulai menulis. Ketika sudah ada ide, segera ditulis, jangan sampai ditunda. Beliau berharap adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan  semangat para siswa dalam menulis.

Di hari pertama, Cucu Suryanto, S.E selaku pembicara pertama menerangkan tentang bagaimana membuat buku populer. Hal yang paling penting dan mendasar yaitu membuat judul yang menarik dan membuat pembaca penasaran dengan isinya. Buku popoler menggunakan gaya penulisan yang bebas, dan juga bahasa percakapan. Hal yang tidak kalah pentingnya, kalimatnya jangan dibuat terlalu panjang. Sedangkan jenis tulisan yang bisa dibuat di antaranya cerpen, novel, artikel populer, ataupun puisi.

Selanjutnya, Drs. Setyo Budi selaku pembicara kedua memaparkan bahwa kegiatan hari ini dan besok sebetulnya sekolah akan membuat sejarah. Ide yang dituliskan akan abadi dan dikenang sampai kapanpun. Dalam sesi ini, beliau menyampaikan kunci suskses menulis yaitu menulis saja, jangan dibaca. Setelah selesai menuangkan ide dalam bentuk tulisan, barulah tulisan tersebut dibaca ulang tulisan sekaligus melakukan editing. Beliau juga menambahkan cara menangkap ide menulis. Bahwa ide itu seperti rizki, seperti udara, seperti air, jika sudah muncul harus segera ditulis agar tidak hilang.

Setelah pemaparan materi, setiap kelas dibagi menjadi 4 kelompok besar. Setiap kelompok terdiri dari 9 siswa. Masing-masing kelompok dengan didampingi oleh narasumber mulai membuat judul buku dan membuat sinopsisnya. Sinopsis dibuat dalam 3 paragraf yang berisi isi buku, tujuan penulisan buku, sasaran dan promosi. Harapannya 40 judul buku dan 40 sinopsis bagi kelas XI dan 45 judul buku bagi kelas XII akan terkumpul maksimal nanti malam. Dengan penuh semangat dan antusias seluruh siswa menuliskan ide yang mereka dapatkan.

Pada workshop hari ke-2 waktunya presentasi sinopsis yang sudah disusun pada hari sebelumnya. Hal yang luar biasa lagi, ada beberapa cover buku yang sudah dibuat oleh narasumber. Setiap cover buku yang dimunculkan, berarti kelompok tersebut yang terpilih untuk mempresentasikan sinopsis karya mereka. Judul buku yang terpilih untuk presentasi diantaranya Ingkari Lalu Celaka karya dari kelas XI. J, Dunia di Dalam Mata karya kelas XI. D, Asa yang Aksa karya dari XI. A, Terima atau Lawan Bullying karya kelas XI.I, Blok 356 karya dari kelas XI. H. Sedangkan 5 judul buku yang terpilih lainnya adalah Cepmek karya kelas XI.E, Suga karya dari kelas XI. G, Merangkai Masa Depan karya dari kelas XI. F, dan Okta Vota karya dari kelas XI.C. Satu judul yang sangat istimewa yaitu cover buku yang berjudul Smanja Istimewa, karya dari Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng.

Kelas XII juga tidak mau kalah dengan kelas XI. Banyak karya yang dimunculkan dan dipresentasikan oleh kelas XII diantaranya buku yang berjudul Jendela Pojok Kelas karya siswa kelas XII IPS 1, 365 Hari karya siswa kelas XII MIPA 4, Cetuk (Cewe Ngantuk) karya siswa kelas XII MIPA 3, 60 Days 10 Menutes karya siswa kelas XII IPS 3, Akash dan Sthana karya siswa kelas XII MIPA 2, Tiga Ukiran karya siswa kelas XII IPS 3, Melodi Mistis karya siswa kelas XII IPS 1, dan Hippo Campus karya siswa kelas XII MIPA 4.

Dari kegiatan Workshop ini harapannya sebagai wadah bagi siswa yang gemar menulis. Bagi siswa yang belum memiliki keinginan untuk menulis, harapannya kegiatan ini bisa membawa inspirasi dan motivasi untuk menulis. Dengan menulis, kita bisa saling berbagi dan memberikan inspirasi bagi banyak orang. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar