Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ALUMNI MENGAJAR, ALUMNIKU KEREN

Terbit : Sabtu, 6 Januari 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan—Guna memfasilitasi siswa-siswi yang belum/tidak berminat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi atau kedinasan, Tim BK SMA Negeri 1 Pejagoan mengadakan kegiatan pendampingan untuk kelas XII dengan menghadirkan kelas “Alumni Mengajar”. Kegiatan yang digelar pada hari Jumat, 5 Januari 2024 sejak pukul 12.45 sampai dengan 14.00 WIB tersebut, menghadirkan Adi Primanto, S.Si. (founder Wisata Alam Bukit Pentulu Indah) dan Sultan Burhanudin Jawad, A. Md. M. (wirausahawan muda). Bertempat di ruang kelas XII IPS 4, kelas edisi perdana dari kelas-kelas mengajar pertemuan berikutnya ini diikuti oleh 30-an siswa.

Selain kelas Alumni Mengajar, Tim BK SMA Negeri 1 Pejagoan juga telah mengadakan kelas Orang Tua Mengajar. Kelas-kelas tersebut merupakan program unggulan yang juga sebagai salah satu terobosan yang dilakukan oleh Tim BK untuk memotivasi para siswa agar kelas mampu menjadi pelaku wirausaha di berbagai bidang.

Dalam kesempatan ini Adi Primanto, S.Si. (alumni tahun 2018), menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan dunia global saat ini tidak cukup hanya bermodal pintar saja.  Setiap individu harus punya mimpi dan berani untuk memperjuangkannya, karena berawal dari mimpi akan tercipta peluang-peluang menuju kesuksesan. Mimpi tidak hanya untuk diangankan tapi diwujudkan dengan berbagai usaha yang mendukung serta didampingi tekad untuk berani mengambil risiko dan memiliki karakter yang baik. Selain itu, para siswa juga harus bisa menekan rasa minder (tidak percaya diri) sampai titik penghabisan. Minder hanya akan membuat seseorang merasa kerdil dan tidak mampu melakukan berbagai hal. Selanjutnya, untuk bisa fokus meraih kesusksesan, diperlukan seorang guru atau pembimbing dalam usaha tersebut. Guru yang dimaksudkan tidaklah harus berupa seseorang yang hadir di depan kita namun bisa berwujud para youtuber atau konten kreator di sosial media. Terakhir, disampaikan bahwa segala usaha yang dilakukan harus disertai  doa sebagai pengikatnya, serta restu dari kedua orang tua.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Adi Primanto, S.Si., Sultan Burhanudin Jawad, A. Md. M. (alumni tahun 2010) menambahkan bahwasanya untuk menjadi wirausahawan yang berhasil harus mempunyai karakter yang kuat seperti pantang menyerah dan tahan banting dalam menghadapi tantangan. Selain itu, disampaikan bahwa wirausahawan yang sukses harus berjiwa kuat dan inovatif. Hal lain yang tidak boleh dilupakan, arah usaha yang ditekuni harus jelas, baik pangsa pasar, modal, maupun manajemennya serta harus dibuat target atau rencana untuk setiap beberapa bulan atau tahun ke depan. Target yang dibuat boleh saja muluk, namun harus logis dan didukung oleh faktor-faktor pendukung lain yang ada.

Sesungguhnya, kesuksesan tidaklah hanya bisa diukur dari prestasi akademik. Kesuksesan juga bisa diukur dari keuletan dan kegigihan menyelesaikan tantangan/menghadapi risiko. Sekolah memang tidak memberikan jaminan kesuksesan bagi pelakunya, namun dengan bersekolah akan memberi peluang lebih besar kepada pelakunya untuk sukses. Semoga adanya program Alumni Mengajar dapat menginspirasi dan memotivasi siswa-siswi untuk berani mengambil tantangan usaha yang akan digelutinya ketika nanti telah lulus SMA. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar