Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ANTUSIASME SISWA SMANJA BELAJAR BUDIDAYA AYAM BROILER

Terbit : Senin, 29 Januari 2024 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

Pejagoan – Kegiatan pendampingan untuk kelas XII dengan menghadirkan kelas “Orang Tua Mengajar”, kembali dihadirkan pada hari Jumat, 26 Januari 2024 di SMA Negeri 1 Pejagoan. Pada kesempatan kali ini Tim BK menghadirkan, Nanang Budiyanto, S.Pt., orang tua/wali dari M. Noor Faizin, siswa kelas XI.H sebagai narasumber. Bertempat di aula sekolah, kelas berlangsung dari pukul 12.45 s.d. 14.00 WIB.  Kelas Orang Tua Mengajar kali ini merupakan kelas edisi kedua dari kelas-kelas tersebut di pertemuan berikutnya.

Dalam kesempatan ini Nanang Budiyanto membagikan pengalaman, tips dan trik, serta seluk beluk budidaya ayam broiler. Ia menyampaikan bahwa keberhasilan budidaya ayam broiler dimulai dari pemilihan bibit ayam. Jika bibitnya baik maka potensi untuk gagal/rugi akan lebih sedikit. Ia juga menjelaskan mengenai cara penyajian pakan ayam yang benar sesuai kebutuhan dan umur ayam, manajemen tempat makan dan minum yang sesuai kebutuhan, serta ciri-ciri dan penyakit yang sering diderita ayam broiler. Antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat terlihat karena selain teori, pemateri juga mempraktikkan cara mengetahui penyakit ayam broiler dengan membedah ayam secara langsung.

Selain memberikan pemahaman mengenai budidaya ayam broiler, Nanang Budiyanto juga memberi semangat dan motivasi kepada para siswa untuk tidak takut berwirausaha. Menurutnya, berwirausaha akan membuat seseorang menjadi luas pergaulannya, kuat tekadnya, besar semangatnya, dan hidup pola pikirnya.

Kelas Orang Tua Mengajar merupakan bagian dari program Tim BK SMA Negeri 1 Pejagoan  dan juga salah satu terobosan yang dilakukan oleh Tim BK untuk memfasilitasi siswa-siswi yang tidak ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi atau kedinasan. Dengan adanya kelas ini diharapkan mampu memotivasi para siswa untuk menjadi pelaku wirausaha di berbagai bidang. Kesuksesan tidaklah muncul dengan sendirinya, ia harus diukir dan diikat dengan usaha serta doa. Mari Sesarengan mengukir masa depan agar tercipta generasi-generasi yang Teruji. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar