Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

DIGITALISASI BERKAS MELALUI PROSES DISPAKATI, E-KINERJA, DAN PAK 2023

Terbit : Selasa, 19 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Guru

Pejagoan – Komunitas Belajar SMA Negeri 1 Pejagoan pada hari Jumat, 1 Desember 2023 melaksanakan kegiatan dengan tema Digitalisasi Berkas Melalui Proses Dispakati, E Kinerja, dan PAK 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula SMA Negeri 1 Pejagoan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan dengan pemateri bapak Muhammad Qodri Amri Nangim, S.Kom. selaku Tim PAK Kabupeten Kebumen. Materi tersebut menjadi sangat menarik karena berusaha menjawab kebingungan para guru PNS dalam mengurus PAK tahun 2023.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. selaku Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, mengungkapkan salah satu tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk menjawab beberapa pertanyaan dan kebingungan bapak dan ibu guru PNS dalam mengajukan PAK tahun 2023.  Selain itu, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Qodri yang sudah bersedia hadir di SMA Negeri 1 Pejagoan dan menjadi narasumber dalam acara tersebut. “Silahkan bapak/ibu bisa memanfaatkan kegiatan pada hari ini untuk belajar bersama guna memecahkan segala pertanyaan dan kebingungan bapak/ibu selama ini dalam pengajuan PAK tahun 2023,” ujar Erna Umu Nurlaela.

Acara berikutnya merupakan inti dari kegiatan ini yaitu pemaparan materi oleh bapak Qodri. Dalam paparan materinya, beliau menjelaskan tentang DISPAKATI. Beliau menjelaskan bahwa DISPAKATI merupakan digitalisasi sistem penilaian angka kredit konvensional yang diubah menjadi PAK integrasi. Teknis penyesuaian angka kredit yaitu nilai dasar berdasarkan jenjang jabatan. AK pengembangan profesi diisi sesuai kebutuhan AKK kenaikan jenjang dan AK kegiatan penunjang diisi apabila AK tugas jabatan melebihi kebutuhan AKK kenaikan jenjang (maksimal 20%).

Selain itu, beliau juga menambahkan informasi hasil penilaian E Kinerja minimal harus “Baik”. Hal tersebut merupakan syarat utama kenaikan pangkat bagi ASN. Nantinya periode kenaikan pangkat bagi ASN adalah 4 tahun sekali kecuali bagi ASN yang memiliki nilai E Kinerja “Sangat Baik” yang bisa mengajukan kenaikan pangkat dalam jangka waktu 3 tahun. Beliau juga berpesan untuk mengamankan seluruh bukti dukung E Kinerja jangan sampai hilang atau terhapus dari Google Drive. Hal tersebut terkait pengecekan secara langsung dari BKN saat pengajuan kenaikan pangkat.

Kegiatan kombel minggu ini sangat menarik. Kegiatan yang langsung memberikan pencerahan bagi bapak/ibu ASN tentang regulasi terbaru dalam pengajuan PAK dan kenaikan pangkat. Besar harapannya bagi seluruh ASN bisa mengembakan karier dengan pengajuan PAK dan kenaikan pangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dari kegiatan ini ada hal yang paling mendasar yaitu lebih bertambahnya kinerja ASN guna memperoleh predikat penilaian minimal “Baik” dari Kepala Sekolah agar tidak memiliki kendala dalam kenaikan pangkat. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar