Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

RABU GEPREK AJAK AMAN BERKENDARA BERSAMA SATLANTAS POLRES KEBUMEN

Terbit : Rabu, 7 Februari 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Rabu minggu pertama di bulan Februari, kegiatan GEPREK (Gerakan Pembiasaan Rabu Ekspresi Kita) mengangkat tema Sosialisasi Safety Riding dan Kampanye Pasar Gratis. Kegiatan Rabu Geprek yang berbeda dengan jadwal biasanya ini menjadi terasa lebih istimewa  karena menghadirkan narasumber dari Satlantas Polres Kebumen yang memberi pemahaman dan wacana baru tentang bagaimana berkendara dengan aman dan juga dibangunnya rasa empati sosial dengan sosialisasi dari Komunitas Pasar Gratis Kebumen. Bertempat di lapangan SMA N 1 Pejagoan acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan diikuti oleh seluruh warag smanja.

Dalam acara Sosialisasi Safety Riding, Satlantas Kebumen memberi bekal kepada siswa tentang bagaimana cara berkendara yang baik. Hal ini ditunjukan sebagai upaya preventif dan penanaman budaya tertib berlalu lintas di kalangan pelajar. Lebih lanjut, hal ini juga sebagai upaya menekan tingkat pelanggaran yang mengarah terjadinya kecelakaan akibat kurang disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini, Satlantas Polres Kebumen mengajak seluruh siswa untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas seperti menerapkan 3 SIAP saat berkendara yakni Siap Diri, SIap Kendaraan dan Siap Mematuhi lalu lintas. Tidak hanya itu saat akan mendahului kendaraan juga harus memperhatikan arah berlawanan, menyalakan lampu sein motor, menambah kecepatan dan yang paling penting adalah memperhatikan garis marka jalan.

Hal lain yang menarik antusiasme siswa yakni sesi tanya jawab. Beberapa siswa pun bertanya tentang lalu lintas kepada Kasatlantas seperti penggunaan knalpot brong dan keluhan terkait mobil yang terparkir di jalan khusus bagi pesepeda yang mengganggu para pengendara sepeda. Bahkan, hal yang menarik adalah, secara spontan Kasatlantas memerintahkan untuk mengadakan penertiban terhadap kendaraan yang parkir di jalur khusus sepeda di jalan arah alun-alun dan area Moro Suta Kebumen. Menjelang berakhirnya kegiatan, Kasatlantas menutup dengan memberikan hadiah helm kepada security sekolah. Tidak lupa beliau berpesan bahwa pahlawan di sekolah tidak hanya guru, semua merupakan pahlawan, baik tenaga kebersihan ataupun security jadi diharapkan siswa menghargai setiap profesi yang ada.

Berlanjut ke kegiatan berikutnya, Sosialisasi Pasar Gratis oleh Komunitas Pasar Gratis Kebumen yang digawangi oleh kelompok mahasiswa Kebumen. Kegiatan ini dimaksudkan agar anak-anak tergugah jiwa sosialnya, serta mau mendonasikan barang yang sudah tidak terpakai seperti pakaian atau sepatu atau bahkan sembako yang akan dihimpun dan kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dijelaskan lebih lanjut tentang alur kegiatan Pasar Gratis yaitu diawali dengan kampanye, lapak donasi SMANJA, Mimbar Demokrasi, Pidato Kebudayaan, Diskusi Publik (puncak kegiatan), Pernyataan Sikap, Hiburan dan Penutup.

Menutup kegiatan GEPREK, Ibu Elin Marlina, S.Pd selaku Waka Kesiswaan menyampaikan bahwa kegiatan ini menggugah kepedulian kita agar terlibat langsung dalam kegiatan peduli terhadap masyarakat sekitar, sekolah mewadahi bagi anak-anak yang berkenan untuk berdonasi. Kegiatan ini juga selaras dengan Projek P5 yang sedang berlangsung di kelas X. Ada dua nilai yang bisa diusung yakni tanggung jawab dan peduli terhadap sesama melalui aktivitas 1000 bintang kebaikan. Mengubah sesuatu tidak harus dengan perlawanan tapi disini akan dikuatkan dalam bentuk kegiatan yang positif. (Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru