Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

SOSIALISASI KESELAMATAN BERKENDARA DI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN

Terbit : Sabtu, 20 Agustus 2022 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

(Kebumen, 20 Agustus 2022) – Dalam rangka melaksanakan program rutin Sosialisasi Keselamatan Berkendara di wilayah Kabupaten Kebumen, Satlantas Polres Kebumen yang diwakili oleh Aiptu Erwin Yulianto, SH, Aiptu Musyakir, SH.I, dan Briptu Shinta Dewanti mengunjungi SMA Negeri 1 Pejagoan pada Hari Jumat, tanggal 19 Agustus 2022.

Menurut Aiptu Musyakir, SH.I, data kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen sepanjang tahun 2022, sejumlah 489 kecelakaan lalu lintas. Dari data tersebut tercatat 84 di antaranya meninggal dunia. Penjelasan lain disampaikan oleh Aiptu Erwin Yulianto, SH, “Kecelakaan 90 persen karena human error, hampir di setiap kecelakaan, 1-2 detik sebelumnya diawali dengan sebuah pelanggaran.”

Selanjutnya Erwin menyampaikan bahwa perlu ada penghargaan lebih terhadap keselamatan. Masyarakat diharapkan mau berbenah untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Kecelakaan dengan korban yang meninggal dunia kebanyakan tidak pakai helm, karenanya sangat penting ditekankan kepada masyarakat untuk mau menggunakan helm saat mengendarai motor,” ujar Erwin.

Menutup sesi Sosialisasi Keselamatan Berkendara di SMA N 1 Pejagoan, Aiptu Musyakir, SH.I menekankan pentingnya masyarakat untuk mengingat kesiapan berkendara yang meliputi Siap diri, Siap kendaraan (spion, knalpot standar, pelk dan ban standar, dll), dan Siap tertib (mau mematuhi tata tertib yang ada).

Semoga dengan sosialisasi berkala oleh Satlantas Polres Kebumen akan makin meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan berkendara sehingga mampu menekan jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya. ( Endah Tri Rachmani )

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar