Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Canva sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa dalam Membuat Ilustrasi Cover Buku Cerita Anak

Terbit : Kamis, 8 September 2022 - Kategori : Kegiatan Guru

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi pada saat ini sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan. Pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai modal utama keberhasilan pendidikan sehingga mampu  bersaing di era globali.

Salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah adalah Aplikasi Canva. Program desain online ini menyediakan bermacam media pembelajaran seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Aplikasi Canva adalah presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Aplikasi Canva menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk pendidikan sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan kolaboratif sehingga membuat pembelajaran menjadi mudah dan menyenangkan.

Aplikasi Canva merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna mengubah gambar dan membuat kreasi grafis. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh desain-desain lain seperti tema, font, dan foto untuk mempercantik hasil kreasi. Pengguna juga dapat memanfaatkan Aplikasi Canva untuk membuat poster, flyer, brosur, termasuk untuk media pembelajaran. Kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang efektif dan inovatif sangat diperlukan oleh guru. Dengan demikian siswa akan lebih tertarik dengan materi yang kita sampaikan dan akan memacu semangat belajar.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis di kelas XI SMA Negeri 1 Pejagoan, dalam pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Rupa dengan Kompetensi Dasar Membuat Karya Seni Rupa Dua Dimensi dengan Memodifikasi Objek, ditemukan persoalan kurangnya motivasi belajar siswa dalam membuat Gambar Ilustrasi. Untuk itu perlu adanya strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan disesuaikan dengan karakteristik siswa SMA yang sangat adaptif terhadap teknologi dan media sosial. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung strategi tersebut yaitu dengan Aplikasi Canva ( media digital berbasis aplikasi ).

Aplikasi Canva digunakan sebagai media berkarya siswa dalam membuat Ilustrasi Cover Buku Cerita Anak. Siswa dituntut untuk kreatif dalam mengaplikasikan objek gambar yang dikomposisikan sedemikian rupa, sehingga tercipta karya baru dan inovatif . Teknik yang digunakan dalam membuat Ilustrasi Cover Buku Anak  adalah teknik  montase. Selain  mengkomposisikan objek gambar, siswa juga diajarkan untuk belajar mengubah background objek agar dapat diterapkan pada Aplikasi Canva.

Berikut ini merupakan proses dalam pembuatan Ilustrasi Cover Buku Cerita Anak dalam pembelajaran.

  1. Siapkan Objek Gambar yang sudah didownload dan file gambar diedit dalam bentuk file PNG.
  2. Download dan BukaAplikasi Canvapada HP (Handphone)
  3. Pilih Jenis desain Sampul Buku ( 1410 x 2250 piks) atau disesuaikan dengan Background yang sudah didownload sebelumnya.
  4. Komposisikan objek gambar yang telah didownload dengan menggunakan Teknik Montase melalui opsi “atur posisi” padaAplikasi Canva.
  5. Setelah objek gambar terkomposisi dengan tepat, kemudian tambahkan tulisan atau judul buku pada menu “Tambah Teks” dan pilih font yang akan digunakan
  6. Jika sudah selesai dan tepat, tap tombol “download” di kanan atas dan tunggu prosesnya selesai.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, membuat Ilustrasi Cover Buku Cerita Anak dengan media Aplikasi Canva dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar melalui kegiatan praktik. Selain mengharuskan siswa untuk mengolah dengan media Aplikasi Canva, menggambar ilustrasi juga memberikan pengalaman kreatif sehingga siswa berkesempatan untuk berekpresi dan berekplorasi dengan media baru yaitu berbasis digital. Hal ini sesuai dengan karakter siswa SMA Negeri 1 Pejagoan yang hampir semua siswa memiliki HP Android. Pemanfaatan HP menjadi lebih maksimal dengan menggunakannya sebagai media dalam berkarya seni.

Daftar Pustaka

Bahrun, Muhammad Afifa dan Eko Sugiarto. 2020. “Gambar kartun Wayang Punakawan Sebagai Media Pembelajaran Gambar Iliustrasi Pada Siswa Kelas VII di SMP Darul Fikr Andong Kabupaten Boyolali”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

Ma’sum, Azis. 2010. “Peningkatan Kreativitas Menggambar Ilustrasi Melalui Stimulasi Dongeng pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumurpanggang 2 Kota Tegal”. Proyek Studi. Program Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang.

Yusnita Adelina Purba. 2022.” Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Kota Batu”, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Vol. 6 Nomor 2.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar