Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

Pengambilan Badge Ambalan Arjuna Srikandi

Terbit : Sabtu, 4 Februari 2023 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

Dalam upaya memberikan identitas baru sebagai Penegak bagi siswa kelas X, gerakan Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMA N 1 Pejagoan mengadakan kegiatan Pengambilan Badge pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 bagi kelas X. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua setelah Penerimaan Tamu Penegak (PTP) yang diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru.

Kegiatan wajib bagi seluruh siswa kelas X (353 siswa) ini berjalan lancar dari pagi hingga sore dengan bantuan Dewan Kerja kelas XI (28 siswa), Dewan Kerja kelas XII, petugas PMR Abdi Wiratama, serta rekan-rekan OSIS SMA N 1 Pejagoan.

Beberapa pos yang harus dilalui peserta dalam kegiatan Pengambilan Badge tersebut di antaranya yaitu:

  1. POS 1 : Keagamaan
  2. POS 2 : Sejarah Kepramukaan
  3. POS 3 : Tali temali
  4. POS 4 : PBB
  5. POS 5 : Perkembangan fisik
  6. POS 6 : Pengamalan Pancasila

Para peserta dinyatakan layak untuk mendapatkan badge setelah berhasil melewati seluruh pos yang berarti juga telah resmi menjadi anggota Pramuka Penegak di Pangkalan SMA N 1 Pejagoan.

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Anggota Pramuka Menuju Pribadi Berkarakter” diharapkan kegiatan Pengambilan Badge ini mampu berkontribusi terhadap perubahan karakter peserta didik ke arah yang lebih baik sehingga tercipta generasi penerus perjuangan bangsa yang berkarakter.

Lebih lanjut, kepala SMA Negeri 1 Pejagoan, ibu Erna Umu Nurlaela S.Pd., M.Eng, menegaskan bahwa ekstrakurikuler pramuka merupakan ekstra yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X sehingga diharapkan seluruh siswa minimal memiliki nilai baik. Di dalam amanatnya, beliau juga menyampaikan bahwa di era 4.0 seluruh siswa diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan dalam bidang kognitif saja, melainkan harus memiliki karakter yang baik. Karakter baik bagi anggota pramuka adalah dengan cara mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma.

            Di akhir kegiatan, peserta kegiatan Pengambilan Badge mengungkap bahwa kegiatan tersebut cukup melelahkan namun sekaligus menyenangkan karena memberikan pengalaman baru yang menantang. Sabrina Fadiyah, kelas X.4 menyatakan bahwa, “Kegiatan pramuka saat ini sangat menyenangkan, tidak ada kekerasan yang mengarah pada fisik dan verbal. Berharap untuk ke depannya kegiatan rutin di hari Jumat juga lebih bervariasi agar tercipta suasana yang bersahabat”. Di tempat yang berbeda, Nevita Elsha Mayuni, kelas X.4 mengemukakan bahwa kegiatan Pramuka melatih mental menjadi kuat, serta melatih diri untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab.(Red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar