Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

AKSI DONOR DARAH DALAM RANGKA HUT SMANJA KE-33 DAN HARDIKNAS BERSAMA PMI KEBUMEN

Terbit : Sabtu, 20 Mei 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Darah sebagai salah satu komponen utama tubuh berperan sebagai alat transportasi dalam tubuh. Kekurangan darah dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit seperti Anemia, Hipertensi dan beberapa penyakit lainnya. Namun, pada saat ini jumlah permintaan dengan jumlah stok darah di masyarakat tidak seimbang.

Alasan tersebut mendorong PMR Abdiwiratama unit SMA N 1 Pejagoan bersama PMI Kebumen mengadakan donor darah dengan tema Setetes Darah, Sejuta Manfaat” pada 2 Mei 2023. Kegiatan yang terselenggara bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-33 SMA Negeri 1 Pejagoan .

Aksi donor darah yang dibuka untuk umum ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Calon pendonor baik para siswa, guru maupun masyarakat umum dapat langsung datang ke SMA Negeri 1 Pejagoan untuk registrasi dan pengisian kuisioner kesehatan. Setelah pendataan administrasi di awal, calon peserta donor darah dapat memasuki tahap kedua yaitu pemeriksaan pendahuluan. Rangkaian prosedur yang harus diikuti calon pendonor meliputi pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar haemoglobin darah (dengan kadar HB wanita 12gr/dl dan kadar HB Pria 12,5gr/dl) dan pemeriksaan pendonor darah bagi pendonor darah pemula. Tahap pemeriksaan terakhir bagi calon pendonor yaitu pemeriksaan kesehatan oleh dokter yang meliputi anamnesis, pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik sederhana.

Setelah semua tahap pemeriksaan kesehatan terlewati dan dinyatakan memenuhi persyaratan, selanjutnya yaitu tahap inti proses donor darah yang meliputi cuci lengan pendonor, pengambilan darah dan pengambilan sampel darah.  Setelah semua rangkaian selesai pendonor dianjurkan untuk istirahat dan menilkmati hidangan ringan yang sengaja di sediakan untuk pendonor. Pada kegiatan donor darah kali ini berhasil didapatkan delapan belas kantong darah.

Donor darah memiliki banyak  manfaat. Di antaranya yaitu dapat mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, membantu mengurangi berat badan, menurunkan kolestrol, membuat pikiran lebih stabil dan masih banyak lagi. Kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian akan sesama dan pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Salam generasi sehat, generasi kuat. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#cabdin9hebat

#smanjahebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru