Info Sekolah
Kamis, 25 Jul 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

ANBK SMA N 1 PEJAGOAN TAHUN 2023 BERJALAN LANCAR

Terbit : Sabtu, 2 September 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – Bertempat di Laboratorium Komputer 1 dan 2 pada hari Rabu dan Kamis, 30-31 Agustus, SMA Negeri 1 Pejagoan telah sukses melaksanakan ANBK 2023.  Sejumlah 45 peserta didik kelas XI terpilih telah mewakili sekolah menjadi Duta ANBK. Pelaksanaan kegiatan ANBK kali ini sama dengan rangkaian kegiatan ANBK sebelumnya, masih melibatkan pengawas dari luar sekolah, yaitu Murniatiningsih, S.Pd  dan Ratna Kusuma, S.Pd, guru dari SMA Negeri 1 Karangsambung. Dimulai pukul 07.30 s.d. 12.50 WIB anak-anak duta ANBK mengerjakan soal-soal ANBK dengan tenang, tertib, dan lancar.

Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng selaku kepala SMA Negeri 1 Pejagoan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua panitia dan seluruh warga sekolah terutama anak-anak peserta ANBK yang telah menjadi duta sekolah dan membawa nama baik sekolah di kegiatan ANBK ini. Beliau pun menambahkan bahwa para duta ANBK adalah anak-anak hebat dan luar biasa.

Rasa senang dan bangga sebagai duta ANBK sekolah diungkapkan oleh salah satu peserta, Gloria, “Saya merasa senang menjadi siswa yang terpilih dan ada kebanggan tersendiri. Selain itu, menjadi motivasi untuk lebih giat belajar lagi tentang numerasi dan literasi”.

Hal ini pun dikuatkan oleh Nafi, peserta ANBK lain. Ia mengungkapkan, “Senang menjadi perwakilan sekolah yang bisa berpartisipasi di kegiatan ANBK ini. Apalagi kegiatan ini berkontribusi terhadap sekolah di masa depan”.

Melansir dari situs Kemendikbudristek, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia. Hasil ANBK akan muncul dalam bentuk rapot pendidikan di satuan pendidikan masing-masing.

Senada dengan hal tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pejagoan menyampaikan bahwa ANBK adalah program pemerintah yang digunakan untuk memotret keadaan dari satuan pendidikan. Semua sudah dibuat sedemikian rupa dengan sampel yang telah ditentukan berdasarkan data di dapodik sehingga pelaksanaannya sesuai keadaan di satuan pendidikan masing-masing.

Lebih lanjut, beliau juga menambahkan “Apapun hasilnya itu memang keadaan dari sekolah kita. Semangat untuk ANBK 2023. Harapannya hasil raport pendidikan tahun 2024 akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Apapun hasilnya akan ditindaklanjuti sesarengan. Pastinya SMANJA sesarengan teruji”.

Semoga raport pendidikan tahun 2023 lebih baik dari tahun sebelumnya, dan semoga hasil tersebut benar-benar bisa digunakan sebagai pelecut semangat warga sekolah untuk terus berkarya dan menunjukkan totalitasnya demi memajukan SMA Negeri 1 Pejagoan. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar