Info Sekolah
Rabu, 24 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

POSBINDU BERSAMA PUSKESMAS PEJAGOAN

Terbit : Kamis, 3 Agustus 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan – Kesehatan menjadi aspek yang semakin diperhatikan oleh masyarakat, tak terkecuali para pelajar. Menyadari pentingnya peran kesehatan dalam kelangsungan pendidikan, PMR Abdi Wiratama SMAN 1 Pejagoan bersama Puskesmas Pejagoan melaksanakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di aula SMAN 1 Pejagoan. Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung secara berkala sehingga para siswa dapat terus memantau dan meningkatkan kondisi kesehatan mereka.

“Periksakan Kesehatanmu Sebelum Terlambat” Menjadi tema dalam kegiatan Posbindu kali ini. Tema ini diambil dalam upaya deteksi dini penyakit yang mungkin diderita para siswa/i baru di SMAN 1 Pejagoan. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari pada hari, Selasa dan Rabu, tanggal 1 hingga 2 Agustus 2023 dengan pengaturan, hari pertama dikhususkan bagi siswa/i kelas X.A hingga kelas X.E. dan hari kedua kelas X.F hingga kelas X.J.

Antusiasme siswa kelas X yang menjadi sasaran kegiatan Posbindu kali ini sangat terlihat dalam mengikuti kegiatan. Mereka bersemangat menjalani beragam tes kesehatan yang disediakan, seperti pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular), pengecekan tinggi dan berat badan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan jiwa dan yang terakhir pemeriksaan mata atau konsultasi mata.

Sebelum melakukan beragam tes kesehatan, peserta diminta untuk mengisi daftar hadir yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi dengan 3 alat Tensimeter atau Sphygmomanometer yang disediakan sehingga Siswa/i tidak menunggu terlalu lama. Layanan selanjutnya, siswa/i bisa melakukan pemeriksaan gula darah dengan cara pengambilan sampel darah menggunakan alat glukometer.

Setelah dua pemeriksaan tersebut selesai, siswa/i dapat melakukan pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular), pengecekan berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, dan lingkar lengan dengan tujuan mengetahui apakah siswa/i SMAN 1 Pejagoan menderita stunting dan obesitas. Setelah itu, pemeriksaan Gigi dan mulut untuk mengetahui apakah siswa/i memiliki permasalahan gigi berlubang atau tidak. Tidak hanya pemeriksaan gigi dan mulut, tetapi ada juga pemeriksaan mata dan terakhir pemeriksaan jiwa. Sebelum siswa/i kembali ke kelas masing masing mereka diberikan tablet tambah darah yang dianjurkan diminum seminggu sekali dan satu hari sekali bagi siswi yang sedang menstruasi.

Semoga melalui kegiatan Posbindu kesehatan ini, SMAN 1 Pejagoan berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung prestasi akademik para siswa. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Lokasi SMAN 1 Pejagoan

Video Terbaru