Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

GURU SEJAHTERA CIPTAKAN MURID BAHAGIA

Terbit : Jumat, 6 Oktober 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pejagoan – SMA Negeri 1 Pejagoan kembali menggelar workshop bagi guru dan karyawan pada hari Jumat, 6 Oktober 2023. Workshop yang berjudul Peningkatan Kesejahteraan Psikologis (Well-being) Guru dan Tenaga Pendidikan SMA Negeri 1 Pejagoan diikuti oleh sekitar 72 peserta. Menghadirkan Kepala Cabang Dinas Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd., BI., workshop berjalan dengan penuh antusias dan semangat. Bertempat di aula, semua peserta tampak bahagia mengikuti kegiatan tersebut meskipun kegiatan ini dimulai pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.10 WIB.

Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M. Eng., selaku Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ka. Cabdin Wilayah IX karena telah berkenan hadir dan mengisi workshop. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf jikalau ada hal yang kurang berkenan. Selain itu, beliau berharap kehadiran Ibu Kepala Cabang Dinas dapat memberikan petunjuk dan arahan sehingga SMA Negeri 1 Pejagoan bisa menjadi sekolah dengan atmosfer well-being yang maksimal.

Dalam paparannya, Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd., BI. menyampaikan bahwa well-being adalah rasa bahagia, kepuasan, tingkat stres yang rendah, sehat fisik dan mental, serta kualitas hidup yang baik  dalam diri seorang individu. Secara singkat well-being dapat diartikan sebagai kesejahteraan yang ada pada tiap individu. Adanya well-being yang maksimal pada guru dan karyawan akan menularkan energi yang positif kepada siswanya sehingga tercapailah sekolah yang menyenangkan. Sekolah yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu terciptanya siswa yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

Selanjutnya, beliau juga menjelaskan bahwa well-being (kesejahteraan) dapat ditumbuhkan dengan cara mencintai pekerjaan. Jika setiap guru mencintai pekerjaannya dan mengajar dengan ikhlas setiap anak didiknya maka hasil akhir dari pendidikan pasti akan dicapai. Hasil akhir tersebut adalah perubahan pada diri siswa, tidak hanya perubahan aspek kognitif tapi perubahan sikap, mental, psikis maupun cara berpikir.  Pintar saja tidaklah cukup, attitude yang baik menjadi kunci keberhasilan seorang individu.

Adanya well-being yang tinggi pada diri guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pejagoan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang berkonsep school well-being. Lingkungan sekolah yang menjadikan siswa-siswinya merasa bahagia terhadap pelajaran-pelajaran yang menjadi bebannya. Kebahagiaan inilah yang akan menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi para siswa-siswinya. Sebagaimana fungsi pendidikan yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara, “Pendidikan akan mengantar murid pada rasa bahagia yang setinggi-tingginya”. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar