Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

KELAS ORANG TUA MENGAJAR DI SMANJA

Terbit : Selasa, 5 Desember 2023 - Kategori : Uncategorized

Pejagoan—Sebagai upaya pendampingan bagi siswa kelas XII yang tidak ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, pada hari Jumat (10/11) SMA Negeri 1 Pejagoan melalui tim BK menghadirkan kelas “Orang Tua Mengajar”. Pada kesempatan kali ini tim BK menghadirkan Ibu Naning Sumartiningsih, orang tua/wali dari M. Noor Faizin, siswa kelas XI.H sebagai narasumber.    Bertempat di ruang kelas XII IPS 4, kelas diikuti oleh kurang lebih 30 siswa dan berlangsung dari pukul 13.00 s.d. 14.00 WIB.  Kelas Orang Tua Mengajar kali ini merupakan kelas edisi perdana dari kelas-kelas tersebut di pertemuan berikutnya.

Kelas Orang Tua Mengajar merupakan bagian dari program tim BK SMA Negeri 1 Pejagoan  dan juga salah satu terobosan yang dilakukan oleh tim BK untuk memfasilitasi siswa-siswi yang tidak ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi atau kedinasan. Adanya kelas ini diharapkan siswa-siswi termotivasi untuk menjadi pelaku wirausaha di berbagai bidang. Edisi perdana kelas ini diisi dengan tema kewirausahaan di bidang kuliner. Pemilihan tema ini didasarkan pada anggapan bahwa usaha kuliner adalah bentuk usaha yang tidak banyak mengeluarkan biaya dan membutuhkan proses produksi yang tidak panjang.

Dalam kesempatan ini Naning Sumartiningsih membagikan tips-tips menjadi wirausahan yang sukses dan berhasil. Lima hal ini haruslah dipegang teguh oleh para wirausahawan agar usaha yang dijalankan bisa bersaing dan bertahan lama (langgeng). Kelas perdana Orang Tua Mengajar ini diisi  dengan demo memasak yaitu cara mengolah  kwetiau. Menurut Naning, kwetiau adalah makanan yang mudah diolah, enak rasanya, dan juga bisa diolah menjadi banyak menu. Selain  bisa dijadikan kwetiau goreng juga bisa dijadikan kwetiau nyemek atau kwetiau kuah. Siswa-siswi juga antusias mengikuti demo ini karena mereka dapat menjadikannya sebagai ide usaha setelah lulus nanti atau paling tidak mereka bisa mempraktikkannya ketika di rumah. Siswa-siswi pun terlibat dalam kegiatan demo ini, mereka membantu Ibu Naning memotong sayur, menyiapkan kwetiau, dan membantu memasak kwetiau.

Semoga adanya program Orang Tua Mengajar dapat menginspirasi dan memotivasi siswa-siswi untuk berani mengambil tantangan usaha yang akan digelutinya ketika nanti telah lulus SMA. Kesuksesan tidaklah hanya bisa diukur dari jumlah prestasi akademiknya, tetapi bisa diukur dari keuletan dan kegigihan menghadapai sesuatu. (Red)

#sesarengansmanjateruji

#smanjahebat

#cabdin9hebat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar