Info Sekolah
Senin, 22 Apr 2024
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com
  • SMA Negeri 1 Pejagoan, Jalan Raya soka barat kilometer 4 Pejagoan, Kebumen - Kode Pos 54361 Telepon: 0287 382022 surat elektronik : smanja_1@yahoo.com

GASIK DAN ASIN POL, KEGIATAN P5 KELAS X

Terbit : Selasa, 19 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Kesiswaan

Pejagoan – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gelar Karya P5 kelas X dengan tema Bangunlah Jiwa Raga, SMA Negeri 1 Pejagoan menyelenggarakan kegiatan outing class di pantai Cemara Sewu pada hari Kamis, 7 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X dengan didampingi oleh wali kelas, perwakilan fasilitaror kelas, tim kurikulum, dan tim dari kesiswaan. Dalam acara ini, kegiatan yang dilaksanakan yaitu Gerakan Bersih Lingkungan (Gasik) dan Aku Senang Bermain Permainan Tradisional (Asin Pol).

Kegiatan di Pantai Cemara Sewu dibuka langsung oleh Ibu Erna Umu Nurlaela, S.Pd., M.Eng. selaku Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa karena sudah datang tepat waktu. Selanjutnya, beliau menekankan bahwa belajar tidak harus berada di sekolah atau di ruang kelas. Beliau juga berpesan agar seluruh peserta selalu mematuhi aturan dan instruksi bapak/ibu guru agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan tertib.

Setelah kegiatan apel permbukaan, seluruh siswa didampingi oleh wali kelas langsung memilih tempat untuk melaksanakan permainan tradisional. Beberapa permainan tradisional yang dimainkan oleh siswa tiap kelasnya di antaranya gobak sodor, engklek, lompat tali, petak umpet, layang-layang, ular naga, dan beberapa permainan tradisional lain yang sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak di zaman yang sekarang.

Permainan tradisional yang dilakukan dengan berkelompok nyatanya jauh lebih mengasikkan dari pada bermain game di HP. Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bermain permainan tradisional di antaranya badan jauh lebih sehat, tidak mengeluarkan biaya, dan yang tidak kalah pentingnya banyak mendapatkan teman.

Setelah siswa bermain permainan tradisional, kegiatan berikutnya yaitu Gerakan Bersih Lingkungan (Gasik) di sekitar pantai Cemara Sewu agar pantai menjadi jauh lebih bersih. Seluruh sampah dikumpulkan di satu titik yang nantinya akan diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). Dengan kegiatan Gasik ini, siswa diajak tidak hanya belajar dan bermain, akan tetapi melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi lingkungan.

 

Kegiatan Gelar Karya di Pantai Cemara Sewu diakhiri dengan apel penutup dan doa. Sebelum pulang, salah satu siswa Kelas X.J atas nama Gendis Nilam Cahyani menyampaikan testimony, “Kegiatan pembelajaran di luar ruang kelas ternyata sangat menarik dan menyenangkan. Harapannya kegiatan P5 yang selanjutnya dapat dilaksanakan yang lebih luar biasa lagi. Kegiatan hari ini saja sudah luar biasa, kegiatan P5 berikutnya pastinya lebih luar biasa lagi,” tutur Gendis.

Selain siswa, Ibu Gati yang merupakan wali dari Naira Atiqa Mansyah Putri kelas X.B juga memberikan pendapatnya tentang kegiatan hari ini, “Saya sangat bangga dan mendukung penuh seluruh kegiatan sekolah”, pungkasnya.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar